Turis/cbslocal.com
Travel

Ini Target Pariwisata Indonesia Tahun 2016

Nancy Junita
Rabu, 3 Februari 2016 - 07:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menargetkan pariwisata Indonesia tahun 2016 mendapat kunjungan wisman sebesar 12 juta, dan devisa yang dihasilkan diproyeksikan sebesar Rp172 triliun.

Untuk jumlah perjalanan wisatawan Nusantara (wisnus) sebanyak 260 juta perjalan dengan uang yang dibelanjakan sebesar Rp 223,6 triliun.

Dilansir Indonesia Travel, Selasa (2/2/2016), kontribusi pariwisata terhadap perekonomian (PDB) nasional diharapkan meningkat menjadi 5%, dan jumlah lapangan kerja yang diciptakan menjadi 11,7 juta tenaga kerja.

Sebelumnya, capaian pariwisata 2015 adalah jumlah kunjungan wisman sebanyak 10,4 juta; jumlah perjalanan wisnus 255 juta; kontribusi pariwisata terhadap PDB Nasional sebesar 4%; devisa yang dihasilkan sekitar Rp 155 triliun, dan lapangan kerja yang diciptakan sebanyak 11,3 juta.

Posisi Indonesia di dunia pariwisata international kini lebih signifikan. Bulan Mei 2015, World Economic Forum (WEF) mengumumkan Indeks Daya Saing Pariwisata Indonesia berhasil naik ke peringkat 50 dari 141 negara setelah menempati peringkat 70 di tahun 2013.

Target pariwisata 2019 pun telah ditetapkan; kontribusi terhadap perekonomian (PDB) nasional sebesar 8%, devisa yang dihasilkan sebesar Rp 240 triliun, menciptakan lapangan kerja di bidang pariwisata sebanyak 13 juta orang, target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 20 juta wisman dan pergerakan wisatawan Nusantara (wisnus) sebanyak 275 juta, serta indeks daya saing pariwisata Indonesia berada di ranking 30 dunia.

Pemerintah juga semakin serius meningkatkan kualitas pariwisata di Tanah Air dengan mengembangkan sepuluh kawasan pariwisata di Tanah Air.

Kesepuluh destinasi itu adalah: Danau Toba, Tanjung Kelayang, Kepulauan Seribu, Tanjung Lesung, Borobudur, Bromo Tengger Semeru, Mandalika, Wakatobi, Labuan Bajo dan Pulau Morotai.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : Indonesia Travel
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro