Pat Bing Su
Kuliner

Legenda Kudapan Korea: Coba Rasakan Modifikasi Pat Bing Su

Azizah Nur Alfi
Minggu, 31 Januari 2016 - 01:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pat Bing Su atau es serut kacang merah menjadi salah satu kudapan yang melegenda di Korea. Meskipun sudah ada sejak ratusan tahun lalu, hidangan penutup khas Korea ini tetap menjadi favorit hingga kini.

Es serut kacang merah manis, seperti dikutip dari seouljournal.com, bahkan sudah menjadi favorit sejak zaman Dinasti Joseon (1392-1897). Pada saat itu, Pat Bing Su  terdiri dari kombinasi serutan es dan kacang merah.

Pada perang Korea (1950-1953), Pat Bing Su mengalami perubahan pada warna dan toping yang mulai menggunakan komponen Barat, seperti es krim dan koktail buah. Dua dekade berikutnya, whipped cream dan maraschino cherries juga mulai menghiasi es serut kacang merah.

Sejak 5 tahun belakangan yang sedang menjadi tren masyarakat Korea adalah Snowflake Sherbet, modifikasi Pat Bing Su dengan es berbentuk layaknya salju. Modifikasi ini untuk menyiasati rasa bosan pada makanan tradisional Korea berupa es serut kacang merah.

"Sejak dulu, mereka terbiasa untuk makan dessert ini pada saat musim panas," ujar Yungky Pangestanu, General Manager Bing Go Authentic Korean Dessert Cafe, saat kegiatan testing food di Gandaria City, Jakarta.

Snowflake Sherbet terdiri dari snow ice yang terbuat dari susu, dengan rasa yang benar-benar berbeda dari Pat Bing Su tradisional, dengan tambahan toping di atasnya. Bahan baku utama berupa susu yang membedakan snow ice dengan es serut biasa lainnya, sehingga menghasilkan sensasi halus, lembut, dan dingin di mulut bagaikan salju.

Rasa halus ini juga diperoleh dari proses serutan es menggunakan mesin khusus. Dengan demikian, snow ice cocok dinikmati untuk semua usia, dari anak-anak hingga orang tua.

Sadar sedang menjadi tren kuliner di Korea, Yungky yang sempat menempuh pendidikan di Korea selama 2 tahun ini, kemudian mengaplikasikan kudapan snow ice pada Cafe Bing Go miliknya. Dia ingin menghadirkan salju di Jakarta yang dikenal sebagai wilayah panas.

“Di Korea, ini sedang menjadi tren. Ada sekitar 1.300 kafe yang menyajikan snow ice di tempat asalnya. Salah satu market leader, bahkan memiliki 200 kafe,” kata Yungky.

Beberapa variasi menu snow ice di Bing Go Authentic Korean Dessert Café, yakni Premium Mango Cheesecake Bing Go, Bing Go Real Spesial, Bing Go Summer Special, Bing Go Classical Special, dan Green Tea Bing Go.

Premium Mango Cheeseacake Bing Go menawarkan rasa yang kaya, karena terdiri dari snow ice dengan toping potongan mangga, cheese cake yang lembut, whipped cream, dan saus mangga.

Rasa yang kaya juga hadir pada menu Bing Go Real Special yang terdiri dari, snow ice dengan topping chocolate cake, cheese cake, serutan cokelat, es krim vanilla,  dan taburan almond.

Green Tea Bing Go menawarkan sensasi segar di mulut, karena taburan green tea dan green tea ice cream sebagai topping-nya. Secara umum, kelima varian snow ice Bing Go ini menawarkan rasa manis di mulut.

Pengalaman merasakan sensasi salju di Korea lebih lengkap dengan pemandangan penataan interior khas Korea pada Kafe Bing Go. Gaya interior Korea tampil melalui material kayu yang terlihat lebih mendominasi seisi ruang, backdrop kayu dengan pola sirip ikan, dan gaya unfinished pada dinding batu bata.

Jadi, Anda tidak hanya dimanjakan dengan indra perasa melalui sajian menunya, tetapi juga indra penglihatan melalui gaya interior yang diusung.  Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bisnis Indonesia, Minggu (31/1/2016)
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro