Norwegia/News.com.au
Travel

Inilah Tempat Terbaik untuk Hidup di Dunia

Nancy Junita
Senin, 21 Desember 2015 - 10:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Di manakah tempat terbaik untuk hidup di dunia ini?

Jika Anda memerlukan jawabannya, mungkin bisa mengacu pada ranking indeks pembangunan manusia (IPM) yang dibuat oleh lembaga PBB, United Nations Development Program (UNDP).

Dilansir News.com.au, Minggu (20/12/2015), negara yang paling tinggi IPM atau peringkat satu di dunia adalah Norwegia. Barangkali Anda bertanya-tanya mengapa negara yang nyaris selalu berselimut salju ini berada di peringkat satu selama 12 tahun berturut-turut.

Padahal, di negara yang berada di semenanjung Skandinavia ini sangat jarang suhu hingga 40 derajat Celsius. UNDP menggunakan kriteria tertentu untuk menentukan IPM suatu negara.

Kriteria itu antara lain: statistik pendidikan warga, pendapatan per kapita, usia harapan hidup. Berdasarkan nilai dari beberapa kriteria itu, maka Norwegia berada di puncak.

Berdasarkan nilai IPM, maka negara yang berada di urutan terakhir adalah Nigeria dengan skor 0,348. Negara lain yang berada di posisi rendah adalah Suriah yang posisinya jatuh ke urutan 15, dan Libya di posisi 27.

“Norwegia mampu meningkatkan pendapatan, dan pada saat yang sama, memastikan peningkatan pendapatan itu terdistribusi merata di antara penduduk,” kata Jens Wandel, yang bertanggung jawab untuk administrasi program terkait IPM.

Norwegia memiliki penduduk sekitar 5 juta jiwa. Bila Anda memiliki kesempatan melancong ke Norwegia, akan menemukan fakta-fakta mengapa negara ini memiliki IPM nomor 1 di dunia.

Berikut fakta-fakta di Norwegia yang membuat Anda kagum:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : News.com.au
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro