Barong/Indonesia.travel
Travel

Festival Barong 22-23 Januari 2016 di Bali

Nancy Junita
Sabtu, 19 Desember 2015 - 07:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Barong dalam mitologi di Bali adalah raja dari roh-roh yang melambangkan kebaikakan.

Figurnya sebagai pelindung dilambangkan dengan seekor singa. Barong memilliki musuh bernama Rangda dan mereka berdua sering terlibat di dalam sebuah pertempuran. Serunya pertempuran inilah yang dibawa ke dalam sebuah pertunjukan sekaligus atraksi wisata barong Bali.

Meriahnya atraksi tersebut dapat Anda saksikan dalam event Bali Barong Festival yang diselenggarakan di Taman Budaya, Art Center Denpasar Bali pada 22-23 Januari 2016.

Event ini bertajuk "Kompetisi Regenerasi" Bapang Barong & Makendang. Kategori barong yang dilombakan antara lain Barong Ket, Barong Buntut dan makendang.

Barong Ket atau Barong Keket adalah barong yang sosoknya menjulang tinggi. Sosoknya menyerupai manusia dengan tinggi dua kali badan orang dewasa. Konon, barong jenis ini digunakan untuk mengelabui makhluk-makhluk halus yang menebar bencana.

Barong Ket adalah tari barong yang paling banyak terdapat di Bali dan paling sering dipentaskan. Barong Buntut adalah barong yang menampilkan bagian depan saja dan biasanya dipertunjukkan oleh pemain solo. Sementara itu, makendang adalah istilah yang digunakan untuk menabuh gendang.

Tarian Barong sendiri adalah tari yang paling suci di Bali, melambangkan terjalinnya baik dan jahat serta kompleksnya antara hubungan antara manusia dan supranatural. Dalam cerita Barong dan Ragda, ditampilkan beberapa pria bersenjatakan keris yang coba menusukkan senjata tersebut ke tubuh mereka sendiri di bawah pengaruh Ragda.

Upaya itu digagalkan oleh Barong. Itulah sebabnya mengapa figur Barong kerap dikaitkan sebagai pelindung masyarakat desa.

Bali Barong Festival 2016 tidak hanya menampilkan kompetisi barong namun juga Pameran Fotografi & Seni Rupa Bebarongan.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Pregina Art Point Sanur di Jalan By Pass Ngurah Rai 309, Sanur.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : indonesia.travel
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro