Ubud/Indonesia Travel
Travel

Ini Destinasi Wisata Lokal yang Menarik Dikunjungi Saat Musim Hujan

Deandra Syarizka
Jumat, 27 November 2015 - 11:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bagi sebagian orang, musim hujan berarti jalanan macet dan terjebak di dalam ruangan. Padahal, beberapa tempat di Indonesia justru semakin menyenangkan dikunjungi di waktu tersebut, sekaligus jadi destinasi terbaik untuk melarikan diri dari cuaca buruk. 

 General Manager Wego Indonesia Ruwie Rahardjo mengungkapkan di kota besar, hujan bisa menjadi hambatan untuk beraktivitas. Namun, di beberapa tempat, musim hujan justru menjadi waktu terbaik sepanjang tahun.

“Hujan membawa udara segar dan menghijaukan kembali daerah pedesaan, karena itu, sangat tepat untuk liburan dan beristirahat di bulan-bulan ini,” ujarnya, seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Jumat (27/11).

 Berikut tiga destinasi wisata lokal yang menarik dikunjungi saat musim hujan, menurut situs pencari destinasi wisata, wego.co.id:

Menikmati Suasana Pedesaan Asri di Ubud

Menurut Rahardjo, musim hujan merupakan saat terbaik untuk menikmati Bali dengan cara berbeda. Terlebih, banyak akomodasi yang beragam terdapat di Bali, khususnya Ubud, mulai dari resort mewah sampai homestay unik untuk budget traveler.

 “Ubud di musim hujan terasa sangat tenteram. Ketenangan yang ditawarkan oleh pusat seni budaya Bali tersebut terasa berkat suhu yang menurun, yang tentunya lebih nyaman dibanding daerah tepi pantai. Hijaunya alam Ubud juga akan jadi latar yang menawan untuk beristirahat, membaca buku, sambil mendengarkan bunyi rintik hujan,” saran Rahardjo.

Diving di Ambon

Di daerah-daerah tertentu di Indonesia, musim hujan merupakan waktu diving yang ditunggu-tunggu. Posisi unik Ambon yang terletak di antara dua lautan membuat cuacanya dipengaruhi angin musim barat dan musim timur, sehingga menghasilkan pola cuaca yang berbeda dengan Jakarta dan area lain di Indonesia. Untuk daerah-daerah menyelam seperti Silale, Hukurila, dan Pintu Kota, tingkat pandang terbaik bisa didapatkan pada bulan November sampai Mei saat tidak ramai pengunjung.

“Aktivitas diving umumnya menurun selepas bulan Oktober, namun terdapat beberapa diving spot yang waktu penyelaman terbaiknya justru jatuh di musim hujan,” Rahardjo melanjutkan.

Wisata Kuliner di Bandung

Ide liburan menarik lainnya adalah memanjakan lidah dengan berwisata kuliner. Bercengkerama sambil menyantap semangkuk cuanki hangat di Jalan Serayu, atau menyesap kopi lokal berkualitas di kafe daerah Bukit Dago Pakar sambil menikmati pemandagangan hijau, bisa jadi ide menarik untuk menghabiskan waktu di Bandung.

“Anda tidak mungkin ke Bandung tanpa wisata kuliner. Makan enak bersama teman dan keluarga tentu sangat menyenangkan, apalagi saat hari hujan. Daftar panjang restoran, kafe, dan penjaja makanan di Bandung siap memanjakan Anda,” tambah Rahardjo.

Di samping pengalaman unik yang ditawarkan, liburan saat musim hujan juga bagus untuk budget jalan-jalan Anda. Namun, jangan lupa untuk bawa perlengkapan seperti payung dan jaket untuk melindungi kekebalan tubuh selama jalan-jalan di musim hujan.

 “Para traveller Indonesia sebaiknya mengambil kesempatan bagus untuk jalan-jalan lebih murah saat musim hujan, tinggalkan jalan-jalan macet dan temukan cantiknya alam Indonesia atau lezatnya kuliner khas suatu kota,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro