Ilustrasi./www.resepmasakanku.info
Kuliner

MASAKAN MANADO: Berikut Resep Masak Ayam Woku

Reni Efita
Rabu, 25 November 2015 - 21:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-  Mungkin bagi penduduk bagian Timur masakan ayam woku sudah biasa, tapi bagi penduduk di Indonesia bagian barat mungkin masih jarang menikmati masakan ayam woku.

Masakan ayam woku, kata Chef  Vindex Tengker  Brand Ambassador Unilever Food Solutions, merupakan masakan khas dari Manado yang sudah turun temurun.

Cara masaknya, katanya, ada dua macam. Yaitu woku yang kental dan woku yang cair. Cara masak juga ada  pakai bambu atau belanga dari tanah liat. Woku itu juga ada warna merah yang banyak cabe dan ada woku kuning yang tidak pedas.

Waktu peluncuran Royco Bumbu Dasar Ayam Kuning di Gelora Bung Karno, Rabu (25/11/2015), Chef  Vindex  menampilkan ayam woku dengan kuah kuning. Rasanya gurih, manis dan asam.

Bila Anda ingin mencoba masakan ayam woku. Ini resepnya.

Bumbu halus terdiri dari Royco ayam kuning (30 gr), cabe giling kasar (40 gr), cabe rawit merah 10 gr, jahe yang dikupas geprek 2 cm,  Lalu ayam pejantan 1 kg.  Bumbu lainnya Msg 4 gr, royco ayam 8 gr, merica 1 gr, minyak untuk menumis 4 sdm, garam 1,5 gr.Sedangkan bahan isi sereh 1 btg, daun jeruk 3 lembar, daun pandan 2 lmb, bawang daun iris kasar 30 gr, daun kunyit 1 btg, daun kemangi 30 gr, tomat 50 gr, air 50 ml.

Cara membuatnya:

  1. Lumuri ayam yang sudah dibersihkan dengan cuka, aduk merata, Setelah itu kembali cuci ayam tersebut, Kemudian bumbui dengan garam dan MSG. Sisihkan,
  2. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bumbu halus dan bahan-bahan isi. Setelah wangi tuangkan air aduk merata, tambahkan bumbu. Aduk merata.
  3. Masukkan ayam, ungkep ayam hingga surut.
  4. Setelah surut campurankan daun bawang dan daun kemangi. Aduk merata.
  5. Sajikan.

   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro