Pantai Senggigi./gililombok.com
Travel

Dana Desa untuk Majukan Wisata

Newswire
Senin, 2 November 2015 - 23:18
Bagikan

Bisnis.com, MATARAM-- Anggota Komisi XI DPR Fraksi Partai Gerindra H Wilgo Zainar mendorong masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) memanfaatkan dana desa yang nilainya ratusan juta hingga miliaran rupiah untuk mengembangkan pariwisata berbasis pedesaan.

"Kami inginkan anggaran yang besar ke desa itu bisa juga digunakan untuk membangun desa wisata," kata H Wilgo Zainar di Mataram, Senin (2/11/2015).

Menurut dia, anggaran untuk desa yang jumlahnya relatif besar dihajatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan. Oleh karena itu, terobosan pemerintah desa sangat diharapkan dalam menumbuhkan ekonomi masyarakatnya.

Salah satu terobosan yang bagus untuk membangun desa adalah dengan mengembangkan desa wisata. Terlebih lagi, di NTB memiliki keindahan alam, keunikan budaya dan keramahan masyarakat menjadi nilai tambah dalam mendatangkan wisatawan ke desa.

"Dana desa bisa diarahkan untuk membangun wisata berbasis desa. Asalkan penggunaan dana itu bisa dipertanggungjawabkan," ujarnya.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra NTB ini, pariwisata berbasis desa sangat bagus untuk dikembangkan di NTB.

Sebab, selama ini kemajuan pariwisata di NTB, belum dinikmati secara merata oleh masyarakat di pedesaan.

Wilgo menambahkan, desa-desa yang memiliki potensi untuk dikembangkan pariwisatanya bisa memanfaatkan dana desa untuk membangun infrastruktur dan sarana prasarana yang mendukung desa wisata.

Selain itu, untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) masyarakat pedesaan yang bisa mendukung desa wisata.

Dengan demikian, masyarakat desa bisa merasakan kemajuan pariwisata di NTB, dan tidak hanya dinikmati oleh pengusaha jasa pariwisata dan perhotelan.

"Wisata berbasis desa di sebagian daerah di NTB, sangat potensial untuk menumbuhkan ekonomi baru di tengah masyarakat desa," ucap Wilgo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro