Tarsius/Antara
Travel

Taman Nasional Tangkoko: Tarsius Pikat Turis dan Peneliti

Nancy Junita
Kamis, 29 Oktober 2015 - 09:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Sejak lama wilayah Sulawesi Utara (Sulut) dikunjungi peneliti dan wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Mereka tak hanya menanti kesempatan menyaksikan biota laut terunik yang pernah ada di perairan Sulut, juga untuk mengunjungi primata terkecil di dunia, yaitu tarsius (Tarsius spectrum) atau sering juga disebut dengan nama lain tangkasi.

Masyarakat Manado membanggakan hewan kecil ini seperti juga mereka membanggakan Bunaken dengan kekayaan bawah lautnya yang menawan.

Tarsius bisa ditemukan di Taman Nasional Tangkoko Dua Sudara yang terletak di utara Pelabuhan Samudera Bitung tepatnya di kaki Gunung Dua Saudara, sekitar 60 km dari Kota Manado.

Area seluas 90 km persegi ini menggabungkan garis pantai yang panjang dan perairan dengan terumbu karang yang indah. Ini tidak hanya rumah bagi tarsius, namun juga habitat bagi hewan-hewan yang dilindungi lainnya seperti burung maleo, rangkong, anoa dan babirusa.

Tarsius merupakan hewan endemik Sulawesi. Hewan unik ini memiliki kepala yang dapat diputar 180 derajat. Selain itu, darah tarsius setelah diteliti tim dari Australia ternyata berjenis darah 'O' seperti pada manusia.

Primata mungil tarsius hanya memiliki panjang 10-15 cm dengan berat 80 gram. Keunikan tangkasi telah membuat hewan ini diburu ilmuan dan wisatawan untuk diteliti atau diamati. Hingga kini jumlah tangkasi atau tarsius terus berkurang dan termasuk hewan  langka yang dilindungi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : Indonesia Travel
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro