Kedai Kopi Luwak/Veggiewiz.in
Kuliner

HARI KOPI: Indonesia Bagi-bagi Kopi Termahal di Dunia di Milan

Newswire
Senin, 5 Oktober 2015 - 08:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Merayakan Hari Kopi Internasional, Kementerian Perdagangan membagi-bagikan kopi luwak gratis di arena World Expo Milano (WEM), di Milan, Italia.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Nus Nuzulia Ishak mengatakan, kopi termahal di dunia itu menjadi simbol penting bahwa Indonesia merupakan penghasil kopi terbaik di dunia.

"Indonesia adalah salah satu penghasil kopi terbaik dunia. Itulah yang tengah gencar kami citrakan dalam setiap ajang internasional," jelas Nus dalam siaran pers, Minggu (4/10/2015).

Sambil menyeruput kopi luwak, ujar Nus, para pengunjung Paviliun Indonesia di arena WEM, Kamis (1/10/2015), diminta memberi sumbangan sukarela. Hasil sumbangan tersebut akan diberikan untuk memberdayakan para petani di daerah Getasan, Jawa Tengah.

Tak hanya menikmati kopi luwak gratis sambil beramal, Paviliun Indonesia di arena WEM juga memberikan edukasi mengenai kopi Indonesia lewat workshop dan business networking.

“Kami berharap masyarakat dunia makin tertarik pada kopi unggulan Indonesia sehingga terjadi peningkatan permintaan terhadap kopi Indonesia,” ujar Nus.

Parade Kopi Negara-negara produsen dan importir yang tergabung dalam International Coffee Organization telah menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Kopi Internasional pada Maret 2014.

Pada tahun ini, sebanyak 75 negara anggota ICO dan belasan asosiasi kopi dunia berkumpul di Italia dalam Global Coffee Forum untuk merayakan solidaritas fair trade produk kopi sekaligus mendeklarasikan Hari Kopi Internasional.

Peringatan hari kopi dunia ditandai dengan parade kopi. Acara ini diikuti perwakilan negara eksportir kopi, seperti Burundi, El Salvador, Ethiopia, Republik Dominika, Guatemala, Kenya, Rwanda, Uganda, Yaman, dan Timor Leste. Tak ketinggalan pula beberapa negara penyuplai kopi seperti Brasil, Vietnam, Kolombia, dan Indonesia.

Tahun ini, Italia menjadi tuan rumah perayaan hari kopi dunia. Seperti diketahui, Italia merupakan konsumen kopi terbesar ketiga setelah Amerika Serikat dan Jerman dengan total konsumsi mencapai 546,78 ribu ton pada 2014.

Ekspor kopi Indonesia ke Italia selama lima tahun terakhir mengalami tren positif sebesar 10,14 persen.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro