Rendang/Istimewa
Kuliner

Rendang-Nasi Goreng Angkat Wajah Indonesia di Panggung Dunia

Newswire
Senin, 5 Oktober 2015 - 08:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Menteri Koperasi dan Usaka Mikro, Kecil, Menengah (UMKM), Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengatakan, berdasarkan data Lembaga Layanan Pemasaran Kementerian UMKM, rendang dan nasi goreng berada di peringkat pertama dan kedua masakan terlezat di dunia versi Cable News Network (CNN).

Menurut Puspayoga, prestasi tersebut sangat membanggakan karena sektor kuliner mampu mengangkat wajah Indonesia ke panggung dunia.

"Kita masih bisa bangga karena di tengah kelesuan ekonomi saat ini, sektor kuliner yang masih tergolong dalam bisnis UMKM bisa membawa nilai positif," kata Puspayoga saat memberi sambutan dalam pembukaan Mandiri Pusaka Kuliner yang diadakan di La Piazza Kelapa Gading, Jakarta Timur, Sabtu (3/10/2015).

 Dari data itu, Puspayoga menjelaskan, rendang dan nasi goreng mengalahkan hidangan sashimi dari Jepang, tomyam dari Thailand dan banyak masakan khas dunia lainnya.

Menurut Puspayoga, Indonesia harus bangga terhadap warisan makanannya. Dia mengklaim pemerintah cukup mendukung kreativitas masyarakat yang bisa menghadirkan keunggulan UMKM dalam sektor apapun.

Situasi perekonomian dunia dan kondisi bisnis Indonesia yang tengah lesu, Puspayoga mengatakan, memang berimbas terhadap ekonomi makro di Tanah Air.

 Namun, kata Puspayoga, bisnis usaha kecil dan menengah yang tak tergantung pada bahan baku impor tak mengalami kendala berarti.

Dukungan pemerintah, ia menambahkan, juga terlihat dari kerja sama bersama Bank Mandiri, BNI, dan BRI yang memberikan kemudahan untuk pelaku UMKM berupa penurunan bunga pinjaman yang semula sebesar 22 persen, pada 2015 menjadi hanya 12 persen.

 "Selain Kredit Usaha Rakyat (KUR), penurunan ini juga bisa menggeliatkan perkembangan UMKM. Kami sudah menyusun program baru untuk kembali menurunkan bunga pinjaman tersebut menjadi 9 persen pada 2016," ucap Puspayoga.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro