Ilustrasi/Antara
Travel

Pentingnya Branding untuk Majukan Pariwisata Indonesia

Natalia Indah Kartikaningrum
Jumat, 2 Oktober 2015 - 16:44
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR- Prof. Dr. I Gde Pitana, Guru Besar Pariwisata Universitas Udayana yang juga Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, mengatakan bahwa branding merupakan aset yang sangat penting dalam sebuah korporasi.

"Karena branding adalah sesuatu yang memberikan identitas terhadap sesuatu sehingga brand itulah yang mempunyai asosiasi terhadap karakter pada sesuatu yang di brand itu," paparnya saat ditemui dalam seminar Branding Individu dan Branding Kolektif dalam Pariwisata Bali di Universitas Udayana, Jumat (2/10/2015).

Dia menambahkan, elemen dari sebuah perusahaan atau individu yang sangat penting itu adalah brand karena secara akademis brand (merek) merupakan sesuatu untuk mengirimkan pesan pada konsumen. Brand yang disampaikan disampaikan berulang-ulang nantinya akan menjadi reputasi.

"Jika bicara tentang pariwisata, contohnya saja selain pantai Kuta saya yakin masih banyak pantai lain di seluruh Indonesia yang lebih indah, namun banyak orang yang datang ke pantai Kuta karena sudah terbangun persepsi positif tentang pantai Kuta pada setiap orang," tuturnya.

Menurutnya, kelemahan dalam pariwisata Indonesia saat ini tidak ada brand yang cukup kuat, kecuali Bali. Namun Bali adalah brand bagi dirinya sendiri berbeda dengan negara lain seperti Malaysia atau Thailand yang brandnya kuat sekali.

"Kami memang punya Wonderful Indonesia yang baru kami kerjakan. Namun sebuah brand agar bisa diterima dan dikenal oleh stakeholder, masyarakat, dan lain sebagainya apabila dikomunikasikan terus menerus. Karena itu sekarang ini kami sedang gencar untuk mulai mempromosikan pariwisata kami di Indonesia ini," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro