Petani memetik biji kopi arabika di perkebunan kopi kawasan Kampung Batu Lonceng, Desa Suntenjaya Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. /Bisnis.com
Kuliner

Kopi Arabika Bikin Mata Melek

Duwi Setiya Ariyanti
Selasa, 22 September 2015 - 09:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Bingung menentukan jenis kopi untuk menunda rasa kantuk?

Pakar kopi, Adi Taroepratjeka, mengatakan dari tiga jenis kopi yang ditanam secara komersial yaitu arabika, robusta dan liberika, kopi arabika lah yang bisa membantu Anda agar tetap konsentrasi saat malam.

Banyak orang memanfaatkan kadar kafein dalam kopi. Namun, bagi mereka yang ingin tetap terjaga, bisa memilih kopi tubruk yang merupakan turunan kopi arabika.

Kopi arabika menang lebih asam dibanding kopi lain. Hal itu disebabkan oleh tingginya kadar kafein.

"Banyak yang mengira kopi espresso paling baik untuk bisa tahan kantuk kalau mau begadang, tapi sebenarnya, kopi tubruk itu jauh lebih nendang ," ujarnya di Artotel, Senin (21/9/2015).

Jika dibandingkan, kadar kafeinnya sepertiga lebih tinggi dari espresso. Namun, bila efeknya ingin lebih terasa bisa juga ditambahkan garam ke dalam kopi.

Garam, ujar Adi, membantu tubuh agar lebih cepat menyerap zat-zat. Dengan demikian, agar tingginya kadar kafein bisa segera dimanfaatkan sejumput garam akan membantu.

"Kalau mau lebih terasa lagi efeknya, campur kopi sama garam. Garam membuat larutan mudah diserap oleh tubuh kita," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro