Seorang awak bersantai di perahu Sandeq Mandar yang diparkir dipantai Bambalemo, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Kamis (17/9). /Antara
Travel

SAIL TOMINI 2015: Parigi Destinasi Wisata Baru

Newswire
Sabtu, 19 September 2015 - 07:16
Bagikan

Bisnis.com, PARIGI-- Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, menilai Kabupaten Parigi Moutong sudah siap untuk menjadi daerah tujuan wisata baru yang unggul setelah Sail Tomini 2015.

"Saya tadi naik helikopter dari Palu ke Parigi ini, dari atas sana saya menyaksikan laut Teluk Tomini ini sangat indah," katanya sebelum meletakkan batu pertama pembangunan Rumah Sehat Baznas di lokasi puncak acara Sail Tomini di Pantai Kayubura, Kabupaten Parigi Moutong, Sulteng, Jumat (18/9/2015) petang.

Setelah turun ke darat, kata Puan yang juga penanggung jawab Sail Tomini 2015 itu, melihat masyarakat ramah tamah dan murah senyum.

Ini menandakan bahwa masyarakat Parigi Moutong sudah siap menyambut warga lain dari luar kabupaten atau luar provinsi bahkan luar negeri yang datang menikmati keindahan daerah ini.

"Sikap ramah tamah dan senyum ini tolong dipelihara, karena ini adalah modal untuk menjadi daerah tujuan wisata yang disukai orang di masa mendatang," ujarnya .

Dikatakan, keindahan sebuah daerah tidak akan berarti kalau masyarakatnya tidak siap menyambut orang lain dengan sikap ramah tamah dan senyuman.

Puan optimistis Parigi Moutong akan menjadi daerah tujuan wisata baru Indonesia karena lewat Sail Tomini 2015, Parigi Moutong dikenal luas di nNusantara dan dunia.

Setelah Sail Tomini berakhir, dia akan melakukan evaluasi menyeluruh untuk mengetahui apakah Sail Tomini memiliki manfaat bagi daerah dan masyarakat secara jangka panjang.

Dampak Ekonomi

Sail Indonesia yang ketujuh ini akan memiliki dampak ekonomi dan kesejahteraan yang cukup luas antara lain karena menggeliatnya pembangunan di berbagai sektor memanfaatkan kucuran dana dari APBN dan APBD berbagai kementerian dan lembaga negara.

Khusus bantuan-bantuan sosial untuk masyarakat Parigi Moutong yang diserahkan oleh berbagai kementerian dan lembaga serta perusahaan nasional terkait Sail Tomini 2015 ini, kata Puan Maharani yang didampingi Menteri Kelautan yah Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menpora Imam Nahrawi, itu bernilai total sekitar Rp57,5 miliar.

Sebelum meletakkan batu pertama pembangunan Rumah Sehat Baznas, Puan Maharani bersama Menteri Susi Pudjiastuti dan Menpora Imam Nahrawi meresmikan tugu khatulistiwa yang disebut Parigi Moutong Khatulistiwa (PMK) yang dibangun dengan dana sekitar Rp1 miliar bantuan Bank BNI dan Bank Sulteng.

Tugu ini terletak di atas bukit dengan ketinggian sekitar 150 meter di atas permukaan laut dan di kaki bukit itu terletak lokasi acara puncak Sail Tomini di Pantai Kayubura, sehingga pemandangan dari atas bukti itu ke arah laut lepas Teluk Tomini dianggap kebanyakan orang sebagai sangat indah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro