Festival Kue Bulan di Hotel Tugu Malang/Istimewa
Travel

Hotel Tugu Gelar Festival Kue Bulan dan Kuliner Khas Oriental

Choirul Anam
Selasa, 8 September 2015 - 11:27
Bagikan

Bisnis.com, MALANG— Hotel Tugu di Malang  menggelar Festival Kue Bulan dengan sajian kuliner khas oriental.

Asisten Manager Umum Hotel Tugu Malang Crescentia Harividyanti mengatakan, Mid-Autumn Festival atau disebut juga dengan Mooncake Festival adalah perayaan panen yang dirayakan oleh masyarakat China pada hari kelimabelas bulan kedelapan penanggalan China Kuno.

“Festival ini menjadi salah satu perayaan terpenting dalam budaya China,” ujarnya Selasa (8/9/2015).

Festival selalu dirayakan besar-besaran sebagai momen berkumpulnya keluarga untuk berterima kasih atas hasil panen dan memohon hal-hal baik.

Identik dengan kebahagiaan dan pesta pora, pada era modern Mid-Autumn Festival diperingati dengan menikmati mooncake dan menyalakan banyak lentera sambil memandangi bulan purnama dan berkumpul bersama keluarga.

Pada masa lampau, lentera kerap dijadikan penanda kesuburan dan harapan akan munculnya cahaya matahari setelah musim dingin. Di era modern, lentera menjadi simbol dari festival itu sendiri, dan hanya berfungsi dekoratif.

Mid-Autumn Festival Hotel Tugu Malang, dengan tema Thousand Lanterns Celebration with Peranakan Cuisine mengembalikan lentera pada fungsi awalnya yang penuh makna.

Dengan lentera buatan tangan yang diiringi harapan baik dalam pembuatannya, perayaan Mid-Autumn di Hotel Tugu Malang menjadi lebih sakral dan megah.

Menemani saat-saat berkumpul dengan keluarga, Restoran Melati Hotel Tugu Malang menawarkan beragam menu khas peranakan yang melambangkan kemakmuran dan diharapkan mendatangkan kesehatan.

Masakan peranakan memiliki cita rasa khas yang dihasilkan dari perkawinan resep leluhur daratan China dan campuran rempah-rempah serta teknik memasak khas Asia Tenggara.

Sate oedang batang teboe dapat menjadi awalan bagi perayaan, dilanjutkan dengan hangatnya kuah taotjo belanak fish soup yang segar dengan irisan cabai dan asam kandis.

“Sebagai hidangan utama, uniknya perpaduan rasa dalam green Papaya and soft shell crab yang menjadi menu unggulan Tugu Kunstkring Paleis atau otentiknya ayam pongteh Dapoer Babah adalah pilihan yang tepat untuk merayakan Mid-Autumn bersama keluarga,” ujarnya.

Untuk melengkapi rangkaian hidangan Mid-Autumn, mooncake dengan tiga pilihan rasa menyehatkan, yakni kacang merah, green tea, atau kacang hitam, tentu menjadi pilihan penutup yang sempurna.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Choirul Anam
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro