Menuju Puncak Carstensz di Papua/Antara
Travel

Ini Cara untuk Menuju Sugapa di Intan Jaya Papua

Nenden Sekar Arum
Sabtu, 5 September 2015 - 15:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan petualangan, dan menjejakan kaki di tanah Papua, Distrik Sugapa di Kabupaten Intan Jaya bisa menjadi salah satu pilihan tujuan.

Selain karena keindagan alamnya, di Sugapa pengunjung juga bisa merasakan akulturasi antara modernitas dan adat tradisional Papua.

Untuk mengakses Sugapa, para pengunjung bisa memulainya dari Timika atau Nabire dengan menggunakan pesawat jenis Cessna Caravan. Harga tiket pesawat dihitung berdasarkan berat badan penumpang dan berat barang yang dibawa, kisarannya mulai dari Rp900.000-Rp2,5 juta, tergantung operator pesawat yang digunakan.

Penerbangan menuju Sugapa dari Timika atau Nabire membutuhkan waktu sekitar 40 menit. Selama di perjalanan, pengunjung juga akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah, berupa hamparan hijau hutan tropis, serta pegunungan Jaya Wijaya yang melintang.

Tak jarang, pilot pesawat akan mengajak pengunjung untuk mendekati puncak Carstenz yang menjadi impian para pendaki gunung.

Namun, perlu diperhatikan, karena cuaca yang tak menentu di Papua, tak jarang menihilkan penerbangan, sehingga, jangan terlalu banyak berharap akan bisa pergi menuju Sugapa saat itu juga, karena mendung atau cuaca buruk bisa datang tiba-tiba.

Salah seorang rekan perjalanan saya yang sudah sering ke Papua pun sempat berkata, “Jangan terlalu yakin akan berangkat kalau belum duduk di pesawat dan lepas landas,” ocehnya.

Tertarik melakukan petualangan di desa titik awal pendakian Puncak Carstensz sambil mempelajari adat dan kebudayaan Papua? Jangan ragu masukkan Sugapa dalam bucketlist travelling Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro