Ilustrasi-Coffee latte/Youtube
Kuliner

Kompetisi Kopi Bakal Digelar di Bali

Natalia Indah Kartikaningrum
Jumat, 28 Agustus 2015 - 15:47
Bagikan

Bisnis.com, NUSA DUA- Kompetisi kuliner kopi Indonesia Latte Art Championship, Indonesia Cup Tasters Championship, dan Indonesia Brewers Cup akan diselenggarakan dalam rangkaian InterFOOD Bali Hotel & Tourism 2015 awal September 2015 mendatang.

A. Syafrudin, Ketua Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (AKSI), mengatakan perlombaan tersebut akan diikuti oleh peserta yang berasal dari semua daerah di Indonesia terutama Bali dan sekitarnya.

"Kami juga akan menampilkan ragam produksi kopi dari seluruh Indonesia termasuk menampilkan variasi antara Robusta dan Arabika," terangnya saat ditemui di Nusa Dua, Jumat (28/8/2015).

Dia menyatakan, pihaknya juga membawa beberapa petani kopi dan akan memperkenalkan berbagai varian kopi. Nantinya akan ditampilkan juga proses pengolahan biji kopi melalui proses giling basah maupun giling kering.

"Kopi natural dan kopi madu akan kami tampilkan variasinya. Kemudian dalam kompetisi latte art dan barista, para peserta akan berkompetisi dalam menyajikan berbagai teknik blending kopi dengan nuansa baru industri kopi di dunia," paparnya.

Seminar mengenai kopi juga akan diselenggarakan yang dapat diikuti oleh pemula di bidang kopi, calon entrepreneur kafe atau pemilik kafe untuk menambah pengetahuannya mengenai kopi secara mendalam. Seminar tersebut nantinya akan membahas seputar basic knowledge on coffee beans, cara menyimpan kopi yang baik, dan cara menampilkan keahlian barista dalam menyajikan kopinya, lanjutnya.

Dia mengharapkan, kegiatan ini akan menjadi acuan bagi teman-teman yang ingin membuka kafe serta yang terpenting adalah mengangkat kehidupan petani kopi Indonesia sebagai ujung tombak dari acara tersebut.

"Kemudian mempromosikan kopi yang dihasilkan petani di tingkat regional juga menjadi tujuan kami. Kami ingin mengawal industri kopi di hulu dan hilir yang berpedoman pada kaidah yang benar. Ini juga untuk memajukan industri pariwisata Bali dan Indonesia," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro