Turis ini tengah berada di Maluku dalam kunjungan wisata./JIBI
Travel

Selain Rempah-Rempah, Maluku Kaya Akan Destinasi Wisata

Dimas Novita Sari
Selasa, 4 Agustus 2015 - 13:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejak jaman penjajahan, Maluku terkenal sebagai pulau penghasil rempah-rempah terbesar Tanah Air. Selain kaya akan rempah-rempah, Maluku juga memiliki kekayaan bawah laut dan pegunungan vulkanik.

Dikutip dari Wonderful Indonesia, Selasa (4/8/2015), berikut destinasi yang sayang untuk dilewatkan di Maluku.

1. Pulau Banda
Pulau Banda adalah sekumpulan pulau yang terdiri dari tiga pulau besar dan tujuh pulau kecilcdi tepi jurang bawah laut terdalam Indonesia yaitu Laut Banda. Dua pulau terbesar yaitu Banda Besar dan Naira, ditumbuhi banyak pohon pala. Di perairan sekitar pulau-pulau itu Anda akan menemukan beberapa taman bawah laut spektakuler dengan keindahan karang dan ikan berwarna-warni, berenang di air sebening kristal, menyelam, snorkeling, atau bahkan sekadar tamasya saja.

2. Saumlaki
Di antara Pulau Aru dan Kepulauan Kei di bagian timur dan di barat Pulau Timor, berdirilah sebuah kepulauan nan indah bernama Tanimbar. Kepulauan ini terdiri dari 65 pulau-pulau kecil sebagai bagian dari Provinsi Maluku. Beberapa pulau yang dikenal adalah Fordate, Larat, Molu, Maru, Wotap, Wuliaru, Selu, Sera, Selaru, dan yang terbesar adalah Yamdena yang memiliki pelabuhan bernama Saumlaki. Saumlaki memiliki beberapa pantai indah salah satunya adalah Pantai Weluan yang memiliki air jernih dan pasirnya yang halus.

3. Pulau Pombo
Di pulau yang berlokasi 20 menit dari Kota Ambon tersebut, Anda akan disuguhkan pemandangan bawah laut yang mencengangkan. Ketika menyelam ke dasar perairan Pulau Pombo maka Anda akan menyaksikan kekayaan biota lautnya, mulai dari berbagai jenis ikan, kerang, rumput laut, hingga terumbu karang beragam bentuk yang unik.

4. Pulau Gunung Api Banda
Salah satu Pulau yang patut disinggahi ketika berkunjung ke Kepulauan Banda adalah Pulau Gunung Api Banda. Pulau Gunung Api Banda merupakan sebuah pulau yang keseluruhan daratannya adalah gunung api vulkanis. Gunung Api Banda memiliki ketinggian sekira 656 meter di atas permukaan laut dengan luas 734,46 ha.

5. Pantai Ngurtafur
Di Maluku ada sebuah pantai unik dengan pemandangan laut biru luas yang luar biasa bernama Ngurtafur dan terletak di Kepulauan Kei, Maluku Tenggara. Kepulaun Kei sendiri merupakan gugusan pulau yang berada di antara Laut Seram, Laut Banda, dan Laut Arafuru. Kepulauan ini terbagi dua yaitu Pulau Kei Besar dan Pulau Kei Kecil. Di sini Anda akan menemukan hampar pasir putih halus yang membelah pantai menjadi dua sisi.

6. Pantai Ora
Salah satu pantai di Maluku Tengah yang patut untuk dikunjungi adalah Pantai Ora. Sejauh mata memandang, pesona keindahan pantai ini layak disejajarkan dengan pantai-pantai indah lainnya seperti Pantai Boracay di Filipina atau Pantai Bora-Bora di Samudera Pasifik.

7. Pantai Ngurbloat
Pantai ini memiliki hamparan pasir puth sehalus tepung. Bahkan National Geographic mendapuknya sebagai pasir pantai terhalus di Asia. Karena bentang pesisir pantainya yang mencapai 5 km, pantai itu disebut dengan Pantai Pasir Panjang oleh masyarakat setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro