Gili Gili di Nusa Tenggara Barat (NTB)/indonesia.travel
Travel

Tak Hanya Lombok, Ini 8 Destinasi Lain di NTB yang Patut Dikunjungi

Dimas Novita Sari
Selasa, 4 Agustus 2015 - 12:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Nusa Tenggara Barat (NTB) tak hanya memiliki Pulau Lombok sebagai destinasi utamanya. Provinsi tersebut juga menyimpan kekayaan alam lain yang sayang untuk dilewatkan.

Dikutip dari Wonderful Indonesia, Selasa (4/8/2015), berikut destinasi yang patut Anda kunjungi di NTB.

1. Gili Gili
Dalam BahasaSasak gili berarti pulau. Gili Gili terdiri dari 3 pulau yakni Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Di sana Anda akan menemukan pantai berpasir putih dengan karang-karang koral tropis, serta laut yang jernih dan biru yang dapat dinikmati dengan menyelam.

2. Taman Nasional Gunung Rinjani
Gunung berapi di Pulau Lombok itu memiliki ketinggian 3.726 meter, sehingga menjadi gunung tertinggi kedua di Indonesia. Mendaki gunung tersebut akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Jangan lupa untuk mengunjungi Danau Segara Anak ketika mendaki Rinjani.

3. Senggigi
Siapa yang tak kenal dengan Senggigi. Kota yang berhadapan langsung dengan pantai tersebut menjadi tujuan wisata utama di Pulau Lombok. Senggigi merupakan pintu transit untuk mengunjungi Gili Gili

4. Sumbawa
Meskipun berada di tempat terpecil, Pulau Sumbawa menawarkan pemandangan yang luar biasa dan surga bagi para pecinta surfing. Selain wisata bahari, Anda juga bisa mendaki gunung di pulau ini yakni Gunung Tambora dengan ketinggian 2.851 meter.

Masih di Pulau Sumbawa, terdapat kota kecil bernama Sape. Di sana Anda akan menemui delman yang disebut masyarakat setempat Benhur di jalanan kota.

5. Pulau Moyo
Moyo dikelilingi oleh terumbu karang alami yang ideal untuk snorkeling. Selan itu, Anda juga dapat berenang dengan hiu putih, menyelam di dekat ikan pari, dan menemukan segerombolan ikan tropis. Di sana Anda juga bisa melihat stawa liar yang ada di dalam cagar alam serta budaya dan peninggalan budaya megalitikum.

6. Desa Bayan
Desa Bayan terletak di kaki Gunung Rinjani. Desa adat ini dihuni oleh penduduk asli Lombok, yaitu suku Sasak yang memiliki kearifannya sendiri dalam menjaga kelestarian adat dan alam yang mereka huni yang terlihat dari dari bentuk dan tata bangunan adat, rumah hunian, dan tempat ibadah (masjid) serta serangkaian upacara, tradisi, dan pola hidup.

7. Pulau Satonda
Pulau tak berpenghuni yang terletak 3 km dari semenanjung Sanggar di Pulau Sumbawa itu memiliki danau berwarna hijau di tengahnya. Anda dapat mendaki ke Puncak Satonda untuk melihat danau tersebut. Pemandangan dari puncaknya ialah kawah berbentuk angka delapan yang memukau.

8. Pantai Lakey
Pernahkah Anda mendengar istilah ombak kidal? Jika belum dan ingin melihat atau bahkan menaklukkannya dengan berselancar, kunjungilah Pantai Leakey. Ombak di pantai yang berlokasi di Dompu itu memiliki arah sapuan ke kiri bukan ke kanan seperti kebanyakan ombak pada umumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro