Seorang petugas membersihkan patung Presiden RI pertama Soekarno yang terkena debu vulkanik Gunung Sinabung, di Desa Lau Gumba, Berastagi Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Sabtu (1/8)./Antara
Travel

Inilah Patung Soekarno 6 Meter Senilai Rp1,3 Miliar

Newswire
Senin, 3 Agustus 2015 - 08:27
Bagikan

Bisnis.com, PALANGKARAYA--  Gubernur Kalimatan Tengah Agustin Teras Narang meresmikan patung Presiden Soekarno di Tugu Peletakan Batu Pertama Kota Palangka Raya. Patung setinggi 6 meter itu berdiri di pinggiran Sungai Kahayan.

"Patung ini sebagai simbol sejarah Soekarno yang meresmikan Kalimantan Tengah sebagai provinsi," kata  Teras Narang pada Sabtu (1/8/2015).

Menurutnya, pembangunan Tugu Soekarno ini sebagai penghormatan kepada  Proklamator.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kalteng Leonard Samuel Ampung menjelaskan, patung berupa tubuh Sooekarno ini terbuat dari bahan perunggu dengan tinggi 6 meter dan berat 1,3 ton. Sedangkan untuk penyangga setinggi 3 meter sehingga total tinggi dari permuukaan tanah mencapai 9 meter.

"Patung ini pengerjaanya dibuat para seniman di Yogyakarta dan kemudian dirakit di Palangkaraya," ujarnya.

Biaya dari APBD Kalimantan Tengah Rp3,5 miliar,  termasuk untuk membuatan relief yang berada di sisi kiri kanan patung. Lalu, pembenahan areal lokasi dan pembuatan taman yang luasnya mencapai 1 hektare.

Kepala Dinas Pariwisata Kalteng Yuel Tanggara mengatakan dengan diresmikannya patung Soekarno,  Kalimantan Tengah mempunyai satu ikon baru untuk kunjungan wisata. 

"Lokasinya yang sangat strategis berada di pinggiran Sungai Kahayan diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisata ke sini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro