Kuliner

Ini Dia Cara Menghilangkan Bau Mentah pada Bumbu Dasar

Deandra Syarizka
Sabtu, 25 Juli 2015 - 15:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Memasak memerlukan seni dan keterampilan tersendiri. Cara pengolahan yang salah, terkadang bisa menghasilkan cita rasa yang tidak diinginkan, seperti bau mentah.

Sous Chef Blue Sky Pandurata Boutiqe Hotel isdianto Dica ini  berbagi kiat untuk menghilangkan bau mentah pada bumbu dasar. Menurut pengamatannya, cara menghaluskan bumbu dasar seperti bawang merah, bawang putih dan kemiri dengan langsung menggunakan blender akan menyisakan bau mentah yang kurang sedap.

“Kadang ada beberapa orang yang kurang suka dengan bau mentah, untuk itu perlu ada perlakuan khusus saat mengolah bumbu dasar,” ujarnya.

Oleh karena itu, sebelum memotong dan menghaluskan bahan dasar tersebut, dia biasanya menumis semua bahan itu di dalam wajan berisi minyak selama dua hingga tiga menit. Setelah penampakannya menjadi sedikit layu, barulah bawang dan kemiri dihaluskan dengan blender. Menurutnya, cara itu cukup ampuh untuk menghilangkan bau mentah.

Alternatif lain yang dapat dilakukan adalah menghaluskan bumbu dasar tersebut dengan cara tradisional, yakni mengulek. Meski terasa lebih melelahkan, tetapi bumbu yang dihaluskan dengan cara ini memiliki cita rasa yang terbaik tanpa harus ditumis terlebih dahulu.

Chef Isdianto telah berpengalaman selama lebih dari 18 tahun. Sebelum menjadi sous schef di Blue Sky Pandurata Boutiqe Hotel ,pria lulusan Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Jogjakarta ini memulai sempat mengenyam karirnya sebagai chef di Hotel Mandarin Batam. Sempat menangani berbagai kuliner secara umum antara lain masakan Barat, Korea, dan Jepang, kini fokus utamanya adalah masakan nusantara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Deandra Syarizka
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro