Nasi Jamblang. /uchukfull.com
Kuliner

Arus Balik Lebaran, Ini 3 Makanan Khas Kota Cirebon

Tim Susur Jawa Sumatra 2015
Kamis, 23 Juli 2015 - 01:00
Bagikan

Bisnis.com, CIREBON - Terletak 216 kilometer dari Jakarta, Cirebon menjadi salah satu kota terbesar yang dilalui saat mudik Lebaran. Cirebon dengan sebutan Kota Udang ini memiliki sejumlah kuliner khas yang patut untuk dinikmati.

Nasi Jamblang, kuliner khas kota Cirebon yang beridentitaskan nasi yang dikepal kemudian dibungkus daun Jati. Penggunaan daun Jati ini sendiri karena dengan daun Jati, nasi menjadi lebih pulen dan beraroma khas, serta lebih awet.

Awal sejarahnya, nasi Jamblang pada awalnya diperuntukan bagi para pekerja paksa di zaman penjajahan Belanda yang pada waktu itu bekerja membangun jalan raya Daendels dari Anyer menuju Panarukan yang melewati Kabupaten Cirebon.

Pada awalnya, nasi Jamblang diperuntukan bagi para pekerja kasar di Pelabuhan dan di jalan Pekalipan.

Lauk pauk yang digunakan di menu Nasi Jamblang sangat beragam, seperti sambal goreng, tempe dan tahu goreng, perkedel kentang, sate kentang, panjelan atau ikan asin yang digoreng kering, blakutak atau cumi yang dimasak beserta tinta hitamnya, paru goreng, ceplok dan bumbu merah.

Selain nasi Jamblang, Docang menjadi kuliner khas Cirebon yang bisa dikatakan paling unik. Makanan ini berisi lontong, daun singkong, tauge, parutan kelapa, krupuk, serta kuah unik yang terbuat dari dage dalam bahasa Cirebon, atau oncom dalam kosa kata Sunda.

Nasi Lengko juga menjadi makanan khas Cirebon. Nasi Lengko khas Cirebon terdiri dari nasi, tempe goreng, tahu goreng, timun, tauge, kucai, dan bawang goreng menjadi bumbu khas khusus nasi Lengko.

Bagi yang berselera, nasi Lengko juga bisa dinikmati dengan sate kambing.

 

Liputan mudik ini terselenggara melalui kerjasama Bisnis Indonesia dengan Nissan Motor Indonesia.

Tim reportase: Rivki Maulana, Nenden Sekar Arum, Yanita Petriella, M. Khamdi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro