Pantai Tanjung Lesung/indonesia.travel
Travel

Jelajahi Banten, Kunjungi 13 Destinasi Berikut

Dimas Novita Sari
Senin, 29 Juni 2015 - 11:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Provinsi Banten terkenal dengan banyaknya pantai yang dijadikan tempat rekreasi wisata. Namun, ternyata di provinsi itu masih banyak pariwisata lain yang tak kalah seru.

Seperti yang dikutip dari situs resmi pariwisata Indonesia, Senin (29/6/2015), di wilayah ini Anda akan menemukan sisa-sisa kerajaan Islam. Selain itu juga banyak pulau-pulau yang patut Anda singgahi.

1. Masjid Agung Banten
Masjid ini dibangun oleh Sultan Maulana Hasanuddin (1552-1570), yang merupakan sultan pertama Kasultanan Demak dan putra pertama Sunan Gunung Jati. Selain fungsinya sebagai pusat pengembangan Isalam di Banten, masjid ini ialah bagian dari bangunan kesultanan yang ada. Masjid ini berlokasi di Desa Banten Lama, 10 km sebelah utara kota Serang.

Atap masjid ini bersusun lima dengan bagian kiri dan kanannya terdapat masing-masing serambi, berbeda dengan atap masjid di Jawa pada umumnya yang hanya bersusun tiga. Arsitektur China sangat terlihat di masjid tersebut, mengingat salah satu arsiteknya adalah Tjek Ban Tjut atau Pangeran Adiguna yang berasal dari China.

2. Museum Benteng Heritage
Anda dapat mengunjungi museum peranakan Tionghoa pertama sekaligus satu-satunya di Indonesia ini, di kawasan Pasar Lama Tangerang yang terletak tidak jauh dari Sungai Cisadane. Museum ini merupakan hasil restorasi rumah kuno seorang etnis Tionghoa yang kawin dengan orang lokal yang baru diresmikan pada 11 November 2011.

3. Desa Kanekes
Siapa yang tak tahu Suku Baduy. Ya, Anda dapat melihat langsung bagaiman kehidupan suku Baduy di desa yang terletak di perbukitan Gunung Kendeng, sekitar 75 kilometer arah selatan Rangkasbitung, Banten.

Suara angin yang gemerisik menerpa dedauanan bambu, kicau burung, dan deburan aliran sungai akan menemani Anda selama di desa itu. Anda juga akan mendapati kehidupan masa lalu sebelum memasuki sebuah zaman dari akibat revolusi industri yang menguasai dunia.

4. Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional Ujung Kulon adalah suaka margasatwa terakhir bagi Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus). Saat ini hanya tersisa sekitar 60 ekor Badak Jawa yang tinggal di sana. Selain itu, Anda bisa menemukan sungai-sungai jeram, air terjun, pantai pasir putih, sumber air panas, taman laut, dan peninggalan sejarah Arca Ganesha.

5. Pulau Peucang
Pulau Peucang berada di Selat Panaitan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, di sebelah timur Taman Nasional Ujung Kulon. Perjalanan ke pulai ini memang cukup jauh karena harus menggunakan mobil lebih dari 8 jam dari Jakarta dan kemudian menyeberang laut sekitar 1 jam.

Namun, lelahnya perjalanan akan  terbanyar dengan keindahan pasir putuh dan terumbu karangnya. Air lautnya yang biru jernih sangat sempurna ntuk berenang, menyelam, memancing, atau snorkeling.

6. Pulau Umang
Pulau Umang merupakan destinasi menarik yang terletak di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, atau 183 kilometer dari Jakarta. Pulau seluas 5 hektar ini dikelola oleh hanya satu resor, dimana Anda bisa menikmati bermalam di penginapan berbintang sambil meresapi pemandangan yang memukau.
 
Pulau Umang memiliki pasir putih dan air yang biru jernih. Ombaknya pun relatif tenang sehingga pulau ini cocok dijadikan destinasi wisata keluarga. Disamping itu, terumbu karangnya yang sehat mampu menampilkan gambar-gambar menarik jika diabadikan di dalam kamera.

7. Pulau Tunda
Pulau Tunda berlokasi di lepas pantai utara Teluk Banten denga luas 257,5 hektar dan dihuni sekitar 3.000 penduduk yang tinggal di Desa Wargasara. Terdapat dua kampung utama yang bisa Anda jelajahi, yaitu kampung barat dan kampung timur. Keduanya dapat dinikmati dengan trekking, menyusuri kebun-kebun, semak belukar dan area pepohonan kelapa yang memperkental suasana alam Pulau Tunda.

8. Pulau Sangiang
Di pulau ini, terdapat 12 titik menyelam yang bisa dijelajahi. Terumbu karang lunak tumbuh indah di kedalaman 11-15 meter dengan berbagai ukuran, bentuk, dan warna. Di sekitar kawasan Tanjung Bajo, Anda dapat melihat ikan ekor kuning yang berenang-renang di kedalaman 20 meter. Penggemar fotografi makro juga dimanjakan dengan ragam nudibranch yang memukau.

Pulau Sangiang secara administratif masuk ke dalam Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Sangiang memiliki biota laut yang cantik dan gelombang ombak yang relatif tenang sehingga kerap dijadikan surga menyelam dan snorkeling.

9. Pantai Carita
Sebagian besar dari Anda pasti pernah ke pantai ini.  Pantai Carita memadukan hamparan pasir putih kecoklatan sepanjang 3 kilometer yang landai dengan tetumbuhan khas pantai. Pantai ini tepat untuk rekreasi keluarga dan lokasinya juga mudah diakses dari Jakarta tepatnya di tepi Jalan Raya Carita Labuan yang merupakan jalan utama penghubung ke berbagai tempat wisata di Banten.

10. Pantai Anyer
Pantai ini menyuguhkan pemandangan Gunung Krakatau dan mercusuar tua Cikoneng yang historis. Pantai Anyer merupakan surga bagi pecinta keindahan dan suasana pantai yang tenang. Di sini Anda juga bisa melakukan wisata olah raga air seperti jetski, speedboat, parasailing, dan banana boat.

11. Pantai Sawarna
Berada di sebuah desa pesisir, Pantai Sawarna memiliki berbagai macam objek wisata menarik untuk dikunjungi seperti sungai, hutan, panjat tebing, gua, dan agrowisata. Pantai Sawarna terletak di wilayah Kampung Gendol, Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Pantai indah ini jaraknya sekitar 150 km dari pusat kota Rangkasbitung.

12. Pantai Karang Bolong
Pantai Karang Bolong berlokasi sekitar 50 km dari Kota Serang. Apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi, pantai ini berada di sisi kanan Jalan Raya Anyer di jalur menuju Pantai Carita dari Jakarta. Sesuai namanya yaitu karang bolong, pantai ini memiliki sebuah tebing karang yang bolong di tengahnya sehingga membuat pantai terlihat unik dan berbeda dari pantai-pantai lainnya.

13. Pantai Tanjung Lesung
Pantai Tajung Lesung terletak di sebelah barat Pandeglang, tepatnya Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Dinamakan Tanjung Lesung karena daratan pantai ini menjorok ke laut sehingga mirip lesung, alat tradisional penumbuk padi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro