Festival Biak Munara Wampasi/indonesia.travel
Travel

Kerennya, Tradisi Snap Mor di Biak

Nenden Sekar Arum
Sabtu, 27 Juni 2015 - 15:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Bagi Anda yang suka  traveling dan haus kebudayaan Nusantara, rasanya kurang jika melewatkan tradisi snap mor yang akan dilaksanakan pada Festival Biak Munara Wampasi 1-4 Juli 2015.

Snap mor adalah tradisi menangkap ikan menggunakan peralatan tradisional sepanjang 1 km oleh warga suku Biak. Sebelumnya, selama beberapa periode warga akan bersepakat tidak mengambil ikan di laut dengan gantinya warga akan berkebun dan hasil panennya dihidangkan saat snap mor berlangsung.

Sebelum hari pelaksanaannya, pada malam hari warga akan melepaskan jaring, dan esoknya saat air laut surut hingg 0,1 meter, maka ikan akan terperangkap, kemudian warga secara bersama akan menangkapnya menggunakan peralatan tradisional.

Alat yang digunakan di antaranya kelawai, sumpit, dan keranjang nilon. Setelah hasil tangkapan diperoleh maka warga dari suku setempat akan menyiapkan tungku api untuk dimasak bersamaan dengan hidangan hasil kebun yang dibakar dengan cara tradisional atau dikenal dengan istilah keladi barapen.

Acara snap mor akan berlangsung pada Rabu, 1 Juli 2015 sejak pukul 08.00 hingga selesai. Anda yang ingin ikut serta dapat mendaftar dengan biaya Rp150.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro