Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka (kedua kiri) dan istri Selvi Ananda (kedua kanan) didampingi Presiden Joko Widodo (kiri) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) menunjukkan cincin pernikahan mereka seusai prosesi akad nikah di Gedung Graha Saba, Solo, Jawa Tengah, Kamis (11/6)./Antara
Kuliner

PERNIKAHAN GIBRAN-SELVI ANANDA: Inilah Kuliner Yang Paling Laris Manis

Akhirul Anwar
Kamis, 11 Juni 2015 - 15:13
Bagikan

 Bisnis.com, SOLO - Menghadiri resepsi pernikahan Gibran Rakabuming Raka-Selvi Ananda belum sah rasanya jika tidak merasakan aneka makanan yang disajikan oleh katering Chilli Pari secara prasmanan.

Pantauan di gedung Graha Sabha Buwana, ada berbagai jenis makanan khas solo seperti timlo, selat solo, nasi liwet, garang asem, tengkleng, kambing guling, martabak telur, martabak manis, buah segar serta minuman ringan.

Dari sekian banyak jenis makanan yang tersaji, yang paling ramai diburu tamu adalah tengkleng atau tulang belulang kambing yang dimasak gulai. Bahkan cukup lama mengantre untuk bisa mendapatkan semangkuk kecil tengkleng dengan kuah segar.

Menu itu cocok disantap ketika cuaca sedang panas. Campuran rempah juga menghasilkan kuah kaldu yang banyak dicari para tamu. Alhasil sebelum acara resepsi kloter pertama rampung siang ini, makanan ini sudah ludes disantap.

Menu kedua yang banyak dicari adalah kambing guling. Daging kambing panggang ini dimasak kembali sehingga mirip dengan tongseng. Daging hangat berwarna cokelat disajikan dalam piring lepek bertabur irisan daun kol, irisan bawang merah, potongan tomat dan sambal kecap.

Meskipun tidak seramai antrean menu tengkleng, kambing guling banyak dicari oleh para tamu. Menu ini jadi pilihan alternatif lantaran tengkleng yang paling diburu sudah habis. Sampai akhir acara jamuan ini masih tersedia.

Menu yang juga favorit adalah kudapan martabak telur dan martabak delapan rasa atau Markobar, singkatan dari Martabak Kota Barat. Martabak ini pada dasarnya mirip dengan martabak manis lainnya. Di tempat itu juga diperlihatkan cara memasak dengan aneka perlengkapan dapur.

Sementara menu makanan lainnya juga tetap diburu oleh tamu, di antaranya nasi rames tumpeng campuran nasi kuning dan nasi putih dengan lauk pauk sambal goreng, telur, kentang goreng dan suwiran ayam.

Dengan porsi yang kecil, masih bisa memungkinkan mencicipi kuliner yang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Yusran Yunus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro