Serabi Notosuman/Solopos
Kuliner

GIBRAN-SELVI MENIKAH: Kuliner Khas Solo di Resepsi Putera Jokowi

Muhammad Irsyam Faiz
Kamis, 11 Juni 2015 - 09:23
Bagikan

Kabar24.com, SOLO-- Ada yang spesial dari sekian banyak menu hidangan di acara resepsi pernikahan Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda.

Menu yang nantinya menjadi pelengkap menu utama itu adalah srabi notosuman. Yang spesial dari hidangan ini adalah cara penyajiannya, langsung dimasak pada saat acara resepsi.

Serabi khas Kota Solo itu akan dihidangkan panas-panas untuk para tamu. Serabi itu akan dimasak di dalam gedung Graha Saba Buana, tempat resepsi pernikahan. Rencananya sebanyak 6.000 porsi serabi notosuman akan memanjakan lidah seluruh tamu undangan.

Pemilik serabi notosuman, Yohana, mengatakan baru kali ini dia mendapatkan pesanan sebanyak itu.

 “Terakhir saya dapat pesanan sebanyak 3.000 porsi. Itu juga yang pesan bapak Jokowi waktu open house. Tempatnya juga di sini [graha saba buana],” kata dia di Graha Saba Buwana, Rabu (10/6/2015) Sore.

Sebanyak 10 orang akan bertugas melayani ribuan tamu.

Sementara, juru masak Chilli Pari Catering, Bejo Utomo, mengatakan sejumlah jajanan akan menjadi menu tambahan dalam resepsi pernikahan Gibran-Selvi, di antaranya Serabi Notosuman, Sosis Solo, Perawan Ayu, Plor Kopyor, dan sebagainya. Sedangkan minuman di antaranya Gula Asem, Beras Kencur, Aneka Jus, Koptil, dan sebagainya.

“Seluruh makanan yang ditampilkan itu semuanya khas Solo. Kami ingin mengenalkan makanan khas solo kepada para tamu,” jelas Bejo .

Sementara itu, Budayawan Solo, Mufti Raharjo, mengatakan sajian menu yang yang ditampilkan di resepsi pernikahan Gibran-Selvi merupakan penguatan terhadap kuliner Jawa .

“Jadi makanan tradisional jawa berasal dari hasil bumi. Ini menggambarkan sebahagia apapun dia [pengantin] maka akan berpijak pada bumi. Selain higienis, makanan jawa juga simbol seorang yang bersahaja,” jelasnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Sumber : Solopos.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro