Foto udara pulau Weh, Sabang, Naggroe Aceh Darussalam, Kamis (7/5)./Antara-M Agung Rajasa
Travel

Berkunjung ke Aceh, Jangan Lewati 8 Destinasi Berikut

Dimas Novita Sari
Senin, 8 Juni 2015 - 10:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Aceh merupakan provinsi paling barat di Indonesia yang terletak di ujung utara Pulau Sumatra. Berbatasan langsung dengan Teluk Benggala, Samudra Hindia, dan Selat Malaka, Aceh terkenal dengan pesona baharinya.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Aceh, berikut rangkuman destinasi yang wajib Anda singgahi, seperti yang dikutip dari situs resmi pariwisata Indonesia, Wonderful Indonesia, Senin (8/6/2015).

1. Pulau Weh
Tidak hanya pengalaman bahari dengan terumbu karang yang indah, pulau kecil ini juga akan memberikan Anda pengalaman air terjun yang berada di dalam hutan. Menyelam tetap menjadi aktivitas paling menarik, misalnya di Taman Laut di Pulau Rubiah. Di sana Anda akan bertemu dengan hewan laut seperti pari manta, hiu, paus, lumba-lumba, dan penyu.

Di pulau ini Anda juga bisa menikmati Pantai Iboh dengan perairan yang dangkal, tenang, dan berair jernih. Selain itu, juga ada Pantai Gapang di Kota Sabang, ibu kota Pulau Weh, yang sangat terkenal di kalangan backpaker dunia.

Kemudian, ada juga Pantai Sumur Tiga. Pantai ini diberi nama Sumur Tiga karena memiliki tiga sumur air tawar yang terdapat di sepanjang pantainya. Pantai Sumur Tiga memiliki karakteristik yang berbeda dengan Pantai Iboih atau pun Pantai Gapang. Pasir di Pantai Sumur Tiga lebih putih berkilau seperti kristal dan lembut meskipun airnya sedikit berombak.

Selain itu, di Pulau Weh juga terdapat Tugu Nol Kilometer RI yang merupakan sebuah penanda geografis yang unik di Indonesia. Lokasi tugu ini terletak di areal Hutan Wisata Sabang tepatnya di Desa Iboih Ujong Ba’u, Kecamatan Sukakarya, sekitar 5 km dari Pantai Iboih.

2. Taman Nasional Gunung Leuseur
Petualangan di pelestarian alam seluas 1,09 juta hektare itu dapat Anda mulai melalui Bukit Lawang, Sumatra Utara. Hewan primata orang utan siap berinteraksi dengan Anda. TNGL memiliki puncak tertinggi 3.381 meter dan merupakan salah satu taman nasional terbesar dan paling beragam di Indonesia.

3. Masjid Agung Baiturrahman
Masjid megah tersebut pertama kali dibangun pada kepemimpinan Sultan Iskandar Muda 1621, terbuat dari kayu. Bangunan itu terletak di pusat kota Banda Aceh, ditandai oleh menara setinggi 35 meter, 7 kubah besar, dan 7 menara masjid. Pada saat tsunami menerjang Aceh 2004 lalu, masjid tersebut tetap kokoh dan menjadi tempat mengungsi ratusan orang.

4. Sungai Alas
Terletak di 165 km tenggara Takengon, Sungai Alas mengalir membelah Taman Nasional Gunung Leuser. Daerah ini sangat populer di kalangan muda dan petualang karena tikungan tajam dan arus yang menantang bagi para pengadu nyali khususnya untuk arung jeram. Selama pengarungan dari atas perahu, Anda akan melewati hutan tropis murni dengan beragam satwa liar.

5. Takengon
Takengon adalah ibu kota Kabupaten Aceh Tengah. Kawasan ini merupakan dataran tinggi yang berhawa sejuk dan memiliki beragam tempat wisata indah di antaranya adalah Danau Laut Tawar, Puteri Pukes, dan Pantan Terong. Kota Takengon terletak berdekatan dengan Kabupaten Bener Meriah, dan sekitar 100 km dari Kota Bireun.

6. Museum Tsunami Aceh
Berlokasi di Jalan Iskandar Muda, Banda Aceh, museum ini buka setiap hari (kecuali Jumat) pukul 10.00-12.00 dan 15.00-17.00. Bangunannya bergaya rumah panggung ini cukup unik karena apabila dipandang dari jarak jauh menyerupai kapal laut dengan cerobongnya. Arsitektur museum ini menggabungkan rumah Aceh bertipe panggung dengan konsep escape building hill berupa bukit untuk evakuasi bencana tsunami.

7. Benteng Indra Patra
Benteng yang terletak di Teluk Krueng Raya merupakan peninggalan kerajaan Hindu pertama di Aceh. Benteng tersebut merupakan bagian dari Trail Aceh lhee Sagoe jika disambung dengan Indrapuri dan Indrapurwa.

8. Tapaktuan
Tapaktuan adalah ibu kota dari Kabupaten Aceh Selatan. Berada di ketinggian 500 meter di atas permukaan laut membuat kota tersebut beriklim tropis basah dengan keindahan alam, gugusan pantai berkarang, dan teluk yang mempesona. Wisata bahari dapat dilakukan di sini, seperti di Pantai Teluk Tapaktuan dan Pantau Labuhan Haji. Ada pula tujuan wisata menarik lainnya, yaitu Wisata Air Dingin, Panorama Hatta, Pulau Dua, Genting Buaya, Ia Sejuk Panjupian, Air Terjun Twi Lhok, Batu Berlayar, atau Gua Kalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro