Warga berekreasi di kawasan gong perdamaian yang berada diatas bukit di Palu, Sulawesi Tengah, Mingu (17/5)./JIBI-Paulus Tandi Bone
Travel

Kembangkan Pariwisata, RI Harus Manfaatkan Bank Dunia

Tegar Arief
Minggu, 24 Mei 2015 - 12:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Gabungan Industri Pariwisata Indonesia berharap kepada World Bank bisa memberikan konsep investasi pariwisata di Tanah Air. Harapan ini muncul setelah Presiden Joko Widodo menjalin komitmen kerja sama dengan World Bank di bidang pariwisata.

Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia Didien Junaedi mengatakan pengembangan pariwisata di Indonesia selama ini sangat terhambat, karena ketersediaan dana yang sangat minim sehingga keberadaan dana segar sangat dibutuhkan.

“World Bank melalui Bank Indonesia kami harapkan bisa memberikan suatu konsep investasi di Indonesia sehingga destinasi wisata bisa dikembangkan dengan dana yang ada,” katanya kepada Bisnis.com, Minggu (24/5/2015).

Seperti diketahui, dalam pertemuan yang dilakukan, Presiden Jokowi dan Presiden World Bank Jim Yong Kim menyepakati dilakukannya pengembangan pariwisata yang sejalan dengan keinginan World Bank untuk mendatangkan wisatawan mancanegara yang lebih besar ke Indonesia.

Dua poin lain yang disepakati adalah perbaikan iklim usaha, khususnya kemudahan melakukan investasi di Indonesia, dan perbaikan kesehatan yang terkait angka ibu melahirkan dan gizi balita di Indonesia.

Menurut Didien, pemerintah harus memaksimalkan pengembangan destinasi wisata yang sampai sekarang belum tersentuh. Terlebih, pihak World Bank telah menawarkan US$11 miliar pendanaan baru selama tiga sampai empat tahun bagi Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Tegar Arief
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro