Penyanyi Rossa berpose saat menghadiri konferensi pers jelang konsernya bertajuk Malam Keajaiban Cinta, di Pitching Center Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (12/5/2015)./Antara-Rafiuddin Abdul Rahman
Travel

Konser Rossa di Malaysia Sekaligus Promosi Wisata

Duwi Setiya Ariyanti
Senin, 18 Mei 2015 - 18:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Menteri Pariwisata Arief Yahya mendukung konser tunggal Penyanyi Rossa di Malaysia. Apa alasannya?

Menurutnya, Rossa memiliki daya pengaruh yang kuat di Malaysia. Bisa menggelar konser tunggal di panggung yang prestise, tuturnya, menampakkan eksistensi seorang penyanyi.

Apalagi, penggemarnya begitu banyak di negara yang termasuk penyumbang wisatawan mancanegara terbanyak yang berkunjung ke tanah air setiap tahunnya.

"Rossa itu artis Indonesia nomor satu paling populer di Malaysia. Karena Malaysia termasuk top 5, saya cepat dukung," ujarnya saat konferensi pers Konser Musik Malam Keajaiban Cinta Bersama Rossa di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (18/5/2015).

Selain menggelar konser di Malaysia, Menteri Arief pun meminta agar kota di Kepulauan Riau dan Batam menjadi salah satu tujuan konser. Pasalnya, kota-kota yang berbatasan dengan Malaysia ini akan menjadi persinggahan para penggemar Rossa.

"Saya sudah minta langsung tadi agar konser tidak hanya digelar di Malaysia tapi di daerah-daerah perbatasan seperti Kepri, Batam," katanya.

Tren kunjungan wisatawan mancanegara asal Malaysia, tuturnya, terus merangkak naik. Apalagi, turis Malaysia biasanya mengunjungi kota-kota seperti Jakarta, Batam, Bali, Bandung dan kota lainnya di Jawa Tengah.

Promosi Wisata

Kesempatan Rossa menggelar konser pun dipergunakan sebagai cara untuk mempromosikan tempat-tempat wisata di Indonesia dengan membawakan lagu berjudul Wonderful Indonesia saat pertunjukan. 

"Warga Malaysia ke Indonesia itu nomor 1 ke Jakarta. 2. Batam, 3. Bali, 4. Bandung, 5. Jawa Tengah. Makanya kesempatan konser ini pun sekaligus branding Pariwisata Indonesia. Seperti Afgan, Rossa juga hafalkan lagu Wonderful Indonesia," kata Arief.

Dia menilai, memasarkan pariwisata haruslah seimbang dari sisi budaya maupun keekonomiannya. Dibandingkan produk lainnya, produk kebudayaan seperti lagu 65% pengaruhnya. Dia pun meminta agar Rossa menggelar konser di kota lain seperti Johor, Sabah, Sarawak dengan nama Pesona Cinta yang dia dapat dari paduan Pesona Indonesia dan Keajaiban Cinta. 

"Sebanyal 65% orang lebih tertarik ke unsur kebudayaan seperti lagu. Jadi impact-nya akan besar. Rossa di Malaysia dikagumi. Followernya banyak. Konser di tiga tempat lain lebih baik diganti saja jadi  Pesona Cinta. Jadi lebih straight," katanya.

Dukungan tak akan hanya diberikan saat enggelar konser di Malaysia. Tempat lain yang menyumbang banyak jumlah wisman akan mendapat dukungan penuh. Negara seperti Singapura, Malaysia, China, Jepang dan Australia, tambahnya, merupakan wisman teratas pengunjung Indonesia.

Apalagi, bila konser berikutnya digelar di Negeri Tirai Bambu, pihaknya meyakini akan kembali memberi dukungan terhadap penyanyi asal Sumedang, Jawa Barat itu.

"Terhadap top 5, pasti cepat dukungannya. Apalagi kalau konser di China jadi. Pasti kami dukung," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro