Pantai Teluk Tomini/tripadvisor.co.id
Travel

SAIL TELUK TOMINI: Model Pembangunan Pulau Kecil

Ihda Fadila
Selasa, 5 Mei 2015 - 19:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Pemerintah mempromosikan potensi kelautan kawasan Teluk Tomini menjadi model percepatan pembangunan di daerah tertinggal dan pulau-pulau kecil di Indonesia.

Upaya promosi ini dilakukan dengan menyelenggarakan Sail Tomini dan Festival Boalemo 2015 yang merupakan sebuah event bahari internasional.

Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan Teluk Tomini merupakan salah satu teluk yang terbesar di Indonesia dengan sumber daya alam yang kaya. Di teluk seluas kurang lebih 6 juta hektare tersebut terdapat 1.031 hektare terumbu karang, hutan mangrove seluas 785,10 hektare, Taman Nasionao Bogani Nani Wartabone dengan spesies endemik tuna sirip kuning dan lainnya.

"Tak salah bila Teluk Tomini menjadi pengembangan pariwisata bahari dan lumbung pangan nasional," ujarnya lewat keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Selasa (5/5/2015).

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan pelaksanaan Sail Tomini merupakan kegiatan yang sangat penting bagi pembangunan bidang kelautan di Indonesia karena selalu memformulasikan kegiatan pembangunan yang berbasis kemaritiman dengan aktivitas pelayaran.

"Sail Tomini tidak hanya membangun bidang kelautan di Sulawesi Tengah tetapi juga bagi daerah di sekitar Teluk Tomini seperti Gorontalo dan Sulawesi Utara sehingga dapat memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat lainnya," katanya.

Berbasis Kelautan

Susi juga mengajak para stakeholder untuk memfokuskan pembangunan ekonomi berbasis kelautan dan memanfaatkan fungsi laut secara bijaksana sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maritim yang maju, kuat, dan mandiri, kita perlu memperkokoh tiga pilar dalam pengelolaan sumber daya kelautan, yaitu kedaulatan wilayah yang mampu menopang kemandirian ekonomi dengan mengamankan sumber daya kelautan, pengelolaan sumber daya kelautan yang berkelanjutan, dan kesejahteraan rakyat.

"Dalam era pasar bebas masyarakat Asean 2015, percepatan pembangunan kelautan akan diarahkan kepada sektor perikanan, wisata bahari, perhubungan laut, energi sumber daya mineral non migas, industri kelautan dan jasa keuangan. Oleh karena itu, bidang kelautan harus dikelola dengan baik," kata Susi.

Pelaksanaan Sail Tomini memiliki dua event besar yang dilaksanakan di dua lokasi berbeda. Pertama, Sail Tomini 2015 yang puncak acaranya dilaksanakan pada 19 September 2015 di Kabupaten Parugi Moutong, Sulawesi Tengah. Kedua, Festival Boalemo 2015 yang puncak acaranya dilaksanakan pada 10 September 2015 di Kabupaten Boalemo, Gorontalo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ihda Fadila
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro