Gilitrawangan di Lombok/lombokislandtours.com
Travel

Ini Dia Gili Tersembunyi Di Lombok Bagian Barat

Yanita Petriella
Minggu, 26 April 2015 - 18:54
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA - Pulau Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat terkenal dengan keindahan alamnya.
 
Di pulau Lombok ini memang terkenal dengan trio gili atau pulau kecil yang kerap dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara karena keindahan alam yang dimiliki.
 
Ketiga gili tersebut yakni Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air yang terletak di kabupaten Lombok Utara.
 
Keindahan alam ketiga gili tersebut memang tidak perlu diragukan lagi karena memiliki air bening dan bersih, pasir putih, terumbu karang serta biota laut lainnya hidup di sini. Anda pun bisa melihat penyu laut dengan hanya snorkeling saja di tiga gili ini.
 
Namun, Pulau Lombok tidak hanya memiliki tiga gili yang terkenal saja. Lombok memiliki puluhan gili yang sangat indah pemandangannya.
 
Di Kabupaten Lombok bagian barat, tepatnya kecamatan Sekotong, memiliki sekitar 16 gili.
 
Anda pun bisa menempuh perjalanan menuju Sekotong dengan jarak tempuh sekitar 1,5 jam hingga 2 jam perjalanan dari kota Mataram.
 
Perjalanan 60 kilometer dari Mataram hingga Sekotong ini bisa Anda tempuh dengan menggunakan taksi maupun menyewa kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan umum menuju ke daerah tersebut.
 
Daerah Sekotong sangat bagus bagi anda yang suka akan keindahan bawah laut karena tempat ini memiliki terumbu karang yang jarang di sentuh dan masih alami.
 
Tak heran apabila daerah Sekotong memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan dengan karang-karangnya yang utuh serta penghuni bawah lautnya.
 
Gili-gili yang berada di Kecamatan Sekotong ini dikelilingi perbukitan nan hijau. Lautnya berair hijau terang dan biru serta pantainya yang berpasir putih dengan butiran yang halus.
 
Anda pun bisa snorkeling maupun diving untuk melihat keindahan bawah laut di gili Sekotong ini. Berbagai jenis ikan yang berwarna warni ada di gili Sekotong ini.
 
Tidak hanya itu, Anda pun bisa melihat beraneka ragam terumbu karang yang berwarna dan bahkan terumbu karang bertingkat.
 
Sejumlah gili tersebut yakni Gili Genting, Gili Lontar, Gili Gede, Gili Bedis, Gili Sudak, Gili Nanggu, Gili Tangkong, Gili Berairan, Gili Amben, Gili Asahan, Gili Layar, Gili Rengit, Gili Goleng, Gili Anyaran, dan Gili Poh.
 
Tidak semua gili yang berada di daerah Sekotong ini memiliki penginapan. Hanya beberapa gili yang berpenghuni dan memiliki penginapan, seperti Gili Gede, Gili Nanggu, Gili Sudak, Gili Layar, dan Gili Asahan.
 
Masih sulitnya akses dan sedikitnya penginapan menuju wisata gili di Sekotong ini menyebabkan masih sedikit wisatawan yang datang ke gili-gili tersebut.
 
Fasilitas gili di Lombok bagian Barat ini tidak selengkap dengan gili di Lombok bagian Utara. Anda pun harus membawa uang yang cukup untuk berwisata di Gili bagian Barat karena tidak ada fasilitas anjungan tunai mandiri (ATM).
 
Jangan khawatir, untuk mengelilingi gili Sekotong, Anda pun bisa menyewa perahu nelayan bermuatan 6 orang dengan harga Rp300.000 hingga Rp600.000.
 
Namun, untuk berkeliling di Gili Nanggu, Gili Tangkong, Gili Sudak, dan Gili Kedis, Bisnis.com sarankan bukan pada musim hujan. Sebab, lokasi keempat gili tersebut menjadi muara sungai yang berasal dari Mataram sehingga banyak sampah yang terbawa pada musim hujan.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro