Gili Trawangan merupakan gili yang memiliki fasilitas lengkap dan kerap dikunjungi wisatawan dibandingkan dua gili lainnya. /Bisnis.com
Travel

Wow, Pulau Lombok Dikempung Puluhan Gili Perawan

Yanita Petriella
Minggu, 26 April 2015 - 14:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, dikelilingi puluhan giliyang memiliki pemandangan nan indah. Gili-gili yang berada di Lombok umumnya berpasir putih dan lautnya berwarna hijau terang dan biru.

Gili dalam kamus besar bahasa Indonesia bisa berarti tambak, tanggul atau pematang. Gili bisa juga bermakna tempat yang ditinggikan di tepi jalan untuk pejalan kaki alias trotoar.

Berikut sejumlah gili yang berada di Pulau Lombok:

1. Kabupaten Lombok Bagian Utara.

Di sebelah utara Lombok terdapat tiga gili yang terkenal di kalangan wisatawan karena memiliki pemandangan yang indah. Namun, untuk wisata bawah lautnya dengan bersnokeling di tiga gili ini tidak begitu indah karena banyak terumbu karang yang rusak.

Ketiga gili itu yakni Gili Meno, Gili Air dan Gili Trawangan. Gili Trawangan merupakan gili yang memiliki fasilitas lengkap dan kerap dikunjungi wisatawan dibandingkan dua gili lainnya.

Namun, bila Anda ingin suasana yang sepi, Anda bisa menginap di Gili Meno dan Gili Air. Sebab, di Gili Trawangan banyak sekali cafe dan pub yang mengadakan acara party pada malam hiri hingga menjelang subuh.

2. Kabupaten Lombok bagian Barat.

Sekitar 15 gili berada di kecamatan Sekotong kabupaten Lombok Barat. Letak Sekotong berjarak 60 kilometer dari kota Mataram.

Kelima belas gili tersebut yakni Gili Genting, Gili Lontar, Gili Gede, Gili Bedis, Gili Sudak, Gili Nanggu, Gili Tangkong, Gili Berairan, Gili Amben, Gili Asahan, Gili Layar, Gili Rengit, Gili Goleng, Gili Anyaran, dan Gili Poh.

Gili-gili tersebut bisa menjadi tempat wisata Anda yang merindukan suasana yang sepi dan sunyi, jauh dari hiruk pikuk keramaian kota.

Tidak semua gili yang berada di daerah Sekotong ini memiliki penginapan. Hanya beberapa gili yang berpenghuni dan memiliki penginapan, seperti Gili Gede, Gili Nanggu, Gili Sudak, Gili Layar, dan Gili Asahan.

Pemandangan bawah laut gili yang berada di Sekotong ini masih alami dan terjaga karena belum banyak wisatawan yang datang ke lokasi ini.

Laut yang berada di sekitar gili Sekotong ini memiliki gradasi warna yakni putih, hijau terang, biru muda, hingga biru gelap. Hamparan pasirnya berwarna putih dengan butiran yang halus.

Berbagai macam jenis ikan dan terumbu karang ada di gili Sekotong. Tak perlu melakukan diving di Gili Sekotong ini, Anda bisa snorkeling untuk melihat keindahan bawah lautnya.

Di beberapa lokasi, dengan mata telanjang dan tanpa harus menyelam Anda bisa melihat langsung beraneka ragam ikan.

3. Kabupaten Lombok Bagian Tengah.

Di kabupaten Lombok bagian Tengah juga memiliki sejumlah gili yang indah. Gili tersebut yakni Gili Anak Anjan, Gili Krucut, Gili Penginang dan Gili Anak Ewuq.

Gili-gili ini bisa Anda kunjungi dengan menggunakan kapal bermotor dari Pantai Tanjung Aan. Namun, Anda tidak bisa untuk mendarat di sejumlah gili tersebut karena berupa karang.

Untuk menuju Pantai Tanjung Aan, Anda bisa berkendara dari Kota Mataram menuju Kuta Lombok dengan jarak tempuh sekitar 1 jam. Pantai Tanjung Aan sendiri terletak di sebelah Pantai Kuta Lombok.

4. Kabupaten Lombok Bagian Timur.

Gili-gili Lombok yang berada di bagian Timur ini berada di Kecamatan Sambelia. Dari kota Mataram membutuhkan waktu sekitar 2 jam hingga 2,5 jam menuju Pelabuhan Kayangan Lombok Guar.

Pemandangan gili di Lombok bagian Timur ini sangat indah bila dibandingkan dengan Lombok bagian Utara. Pasalnya, wisata di Lombok bagian Timur ini tidak banyak tersentuh oleh para wisatawan.

Selain itu, masyarakat di sana amat menjaga terumbu karang yang berada di Lombok bagian Timur. Para nelayan yang membawa wisatawan di gili bagian Timur ini meminta para wisatawan tidak menginjak terumbu karang.

Berbagai macam jenis ikan dan terumbu karang yang berwarna ada di gili bagian Lombok Timur ini. Pasir dengan tekstur yang halus dan berwarna putih mengitari gili-gili di bagian Lombok Timur ini.

Gili-gili tersebut yakni Gili Sulat, Gili Kondo, Gili Lampu, Gili Kapal, Gili Petagan, dan Gili Bidara, Gili Belek, Gili Merengke, Gili Pasaran, dan Gili Lawang.

Untuk Gili Kapal, merupakan gili yang unik. Sebab, apabila air laut sedang surut, Anda bisa melihat dan bahkan menyusuri gili kapal. Anda pun bisa melihat hutan mangrove yang ada di Gili Sulat dan Gili Petagan.

Bagi Anda yang menginginkan suasana yang sunyi, gili di Lombok bagian Timur inilah menjadi jawabannya. Untuk tempat menginap, Anda bisa membangun tenda atau menyewa satu-satunya penginapan di Gili Kondo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yanita Petriella
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro