Ilustrasi wisman yang berkunjung ke Indonesia./Bisnis.com
Travel

JANUARI 2015: Kunjungan Wisman ke Sumbar Anjlok

Heri Faisal
Kamis, 2 April 2015 - 00:52
Bagikan

Bisnis.com, PADANG—Kunjungan wisman ke Sumatra Barat mengalami penurunan signifikan pada awal tahun ini. BPS mencatat penurunan mencapai 52,98%.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar Yomin Tofri mengatakan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke daerah tersebut turun dari 6.995 orang menjadi hanya 3.289 orang pada Januari 2015.

“Periode awal tahun ini low season, sehingga jumlah kunjungan memang menurun dibandingkan di penghujung tahun,” ujarnya, Rabu (1/4/2015).

Menurutnya, puncak kunjungan ke daerah tersebut terjadi pada bulan Desember yang bertepatan dengan peringatan natal dan tahun baru. Musim liburan tersebut juga dimanfaatkan pemerintah daerah untuk menggelar event kebudayaan dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatan.

Data BPS menunjukkan secara year on year (yoy) dari Januari tahun lalu, angka kunjungan wisman ke Sumbar juga mengalami penurunan 43,55%.

Penurunan kunjungan itu sejalan dengan tingkat hunian hotel yang rata-rata hanya 41,70% atau turun 7,50 poin dibandingkan Desember 2014 yang masih tercatat 49,20%.

Bahkan Kota Bukittinggi mengalami penurunan terbesar yaitu 18,53 poin, diikuti Agam 14,97 poin, Tanah Datar 9,59 poin, dan Kota Padnag 4,70 poin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Heri Faisal
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro