Smart window bakal diciptakan perusahaan pesawat terbang Airbus/News.com.au
Travel

Produsen Ini Bikin Jendela Pesawat Pintar Seperti Komputer Tablet

Duwi Setiya Ariyanti
Rabu, 1 April 2015 - 17:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Bisakah sebuah jendela pesawat menyerupai layar komputer tablet, memberi informasi terkini tentang penerbangan dan destinasi?

Dengan bantuan teknologi, Airbus akan membuatnya jadi nyata. Seperti dikutip dari News.com.au Rabu (1/4/2015), produsen pesawat Eropa, Airbus, telah mengajukan paten atas jendela pesawat pintar atau smart aircraft window.

Secara detail, Airbus mengharapkan jendela pesawat di masa depan akan menjadi lebih besar dan dilengkapi dengan kapasitas layar sentuh. Seluruh jendela interaktif terdiri dari tiga alat yang dapat mendeteksi apa yang dilihat oleh penumpang.

 Fitur ini termasuk sebuah layar jenis organic light-emitting diode (OLED) tembus pandang, dan sebuah kamera yang dapat menangkap apa yang dilihat penumpang.

Kamera monitor akan diposisikan di luar pesawat, untuk memberikan pandangan yang lebih luas hanya dari jendela pesawat. Ketika jendela menyediakan pemandangan sempurna dari atas, layar akan menyediakan informasi detail tentang tempat yang dimaksud, termasuk, topografi di sekelilingnya.

Salah satu contoh dari garis besar proposal hak paten, perjalanan ke Menara Eiffel bisa disentuh dalam bentuk gambar pada layar dan mendapat informasi tentang bangunan yang terkenal di Paris itu.

Menurut arsip paten, jendela adalah cara baru untuk visualisasi interaktif dari informasi di sebuah kabin pesawat. Konsep dan desainnya pemberian sebuah ide dari Paris berbasis CPI yang memperkenalkan ide kabin pesawat tanpa jendela tahun lalu.

 Paten Airbus masih tertunda dan tak ada waktu tenggat kapan ‘smart aircraft window’ bisa dirasakan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro