Travel

Kafe Bernuansa Kolonial Jadi Daya Tarik Wisman

Shahnaz A. Yusuf
Minggu, 29 Maret 2015 - 09:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Konsep kafe bernuansa kolonial yang dipertahankan Cafe Batavia menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara. Selain suasana yang mampu membawa pengunjung seolah keluar dari Jakarta masa kini, makanan khas Indonesia yang disediakan juga jadi incaran.

Sales and Marketing Support Cafe Batavia Andriyan mengatakan sekitar 80% pengunjung tempat makan yang berlokasi di Jalan Pintu Besar Utara ini adalah turis asing. Untuk itu, mereka harus bisa mempertahankan originalitas gedung dan interior. “Mereka kan ke Kota Tua mau lihat sejarah. Di sini juga ada,” ujarnya, Sabtu (28/3/2015).

Bangunan Cafe Batavia memang bangunan tertua kedua di kawasan Kota Tua, setelah gedung Museum Fatahillah. Bangunan yang didirikan pada abad 18 ini sudah pernah berfungsi sebagai tempat tinggal, kantor, gudang dan juga sebagai galeri seni. Pada 1992, gedung ini dibeli oleh pemilik pertama Cafe Batavia dan fisik gedungnya tetap dipertahankan.

Andriyan mengatakan pengunjung Cafe Batavia melewati angka 1.000 setiap bulannya. “Kalau pertengahan tahun, bisa sampai 4.000-an,” ujarnya. Mayoritas turis yang datang berasal dari Eropa, Australia, Jepang dan Korea.

Menu yang paling diincar adalah menu lokal seperti nasi campur, nasi goreng dan sate. Sedangkan untuk menu internasional, menu salmon dan berbagai jenis steak juga jadi pilihan.

Adapun terkait dengan harga yang ditawarkan, Andriyan mengatakan pihaknya menyesuaikan dengan harga di restoran bintang empat. Oleh karena itu mereka sengaja membidik turis asing atau pun lokal yang bergolongan menengah ke atas. “Enggak cuma orang kita saja yang merasa kemahalan, orang luar juga ada,” ujarnya.

Andriyan tidak cemas atas saingan yang mulai muncul di kawasan Kota Tua karena menurutnya segmen yang mereka tuju sangat spesifik. Selain itu, mereka tetap berupaya menjaga originalitas tempat dan kualitas makanan.

Pertunjukan musik bernuansa jazz juga digelar setiap hari untuk menghibur pengunjung. Biasanya, dimulai pada pukul 20.00-23.00 WIB. Khusus akhir pekan, pertunjukan musik dapat dinikmati sejak pukul 14.00 WIB.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro