Pemandangan Kota Luwuk, Sulawesi Tengah./wikipedia.org
Travel

Luwuk, Keindahan Sunyi di Sudut Sulawesi

Dewi Andriani
Senin, 23 Maret 2015 - 19:58
Bagikan

Bisnis.com, LUWUK, Sulteng – Tidak banyak yang mengenal kota Luwuk, tapi siapa sangka ibu kota Kabupaten Banggai yang terletak di ujung peninsula Provinsi Sulawesi Tengah ini menyimpan keindahan alam yang luar biasa.

Kota yang memiliki moto kota Berair (Bersih-Indah-Aman-Rapi) ini memiliki pantai yang begitu indah, Kilo Lima namanya. Pada siang hari, jernihnya pantai dan laut yang tenang dapat Anda nikmati di sepanjang jalan kota tersebut.

Di sisi kiri dan kanan laut, terdapat dataran tinggi perbukitan membentang luas, dengan jejeran pemukiman warga yang tersusun rapi.

Kecantikannya tak hanya tampak pada siang hari. Di malam hari, kota yang dikelilingi laut dan diapit perbukitan ini terasa begitu romantis. Kerlap-kerlip lampu dari pemukiman penduduk di lereng pegunungan, membuat kota tersebut bersinar bak mutiara. Melongok ke atas, kerlingan bintang pula terlihat berpendar.

Pemadangan layaknya kota Hong Kong tersebut dapat Anda nikmati jelas dari atas Bukit Kilo Satu atau sering disebut Bukit Keles. Banyak café yang menyajikan makanan khas Kota Luwuk yaitu Saraba yaitu minuman seperti susu dengan rasa jahe yang kuat serta Pisang Lowe yang makannya dicocol dengan sambal terasi dari Ikan Roa.

Puas menyaksikan pemandangan dari bukit, Anda bisa beranjak ke Teluk Lalong [yang tadinya dilihat dari bukit Keles]. Di sini Anda bisa duduk santai, mencicipi jagung bakar dan air kelapa muda, ditemani deburan ombak dan udara pantai yang menyejukan. Kerlingan cahaya kota yang berpantul dengan laut, akan memanjakan mata Anda. Rasanya indah sekali.

Di kota yang berjarak 607 km dari Palu ini, Anda tidak akan menemukan sunset. Sebaliknya, Anda dapat menyaksikan terbitnya sang mentari, pemandangan alam yang begitu menggoda, dengan cahaya jingga keemasan di atas pantulan laut di pesisir Selat Pelang ini.

Untuk menuju ke sini, Anda bisa melalui jalur darat atau jalur udara. Sudah ada sejumlah pesawat yang mendarat di Bandara Udara Syukuran Aminuddin Amir, Luwuk. Antara lain Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Wings Air, dan Express Air. Dari Jakarta, pesawat akan transit ke Makassar terlebih dahulu selama 2 jam, kemudian dilanjutkan penerbangan ke Luwuk selama 1 jam.

Tidak perlu khawatir dengan penginapan, terdapat beragam pilihan penginapan mulai dari Rp200.000 hingga jutaan. Jika ingin memandang langsung Kota Luwuk dan Pantai Kilo Lima Istana Hotel & Resort atau Estrella Hotel yang terletak di Kawasan Bukit Halimun, bisa menjadi pilihan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro