Camping dan semedi di Puncak Munara Parung Bogor/JIBI-Sukirno
Travel

WISATA ALAM: Camping Ceria & Semedi di Puncak Munara Parung Bogor

Sukirno
Sabtu, 21 Maret 2015 - 17:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Mengisi libur Hari Raya Nyepi dan akhir pekan tak perlu mahal ataupun jauh dari Ibukota Jakarta. Di Puncak Munara, Parung, Bogor, Anda bisa camping ceria sekaligus bersemedi menikmati segarnya udara pegunungan.

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, pasti lelah menghadapi rutinitas pekerjaan, kemacetan, hingga udara polusi yang selalu dihirup saban hari. Akhir pekan, menjadi waktu yang tepat untuk melepas penat dengan berjalan-jalan di pegunungan.

Tak perlu jauh-jauh, di Parung Bogor, yang berjarak sekitar 1-2 jam dari Jakarta, Anda bisa mendapatkan segarnya udara pegunungan sembari berpetualang. Yup, tepatnya di situs wisata sejarah Puncak Munara, Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin, Bogor Jawa Barat.

Di Puncak Munara, Anda dapat merasakan serunya mendaki gunung, tepatnya bukit batu, hingga ke puncaknya. Tak terlalu berat, karena di Puncak Munara juga dapat didaki oleh anak-anak dan remaja.

Tidak hanya mendaki, Anda juga dapat menikmati serunya berkemah bersama teman-teman ataupun keluarga kecil. Cukup aman, karena di Puncak Munara jika akhir pekan, banyak warga Jakarta dan sekitarnya yang juga berkemah di sini.

Seorang warga di sekitar Puncak Munara, Aem (60), menjelaskan, wisata Puncak Munara mulai ramai sejak beberapa tahun belakangan. Banyak anak-anak muda dari Bogor, Depok, Jakarta, dan Tangerang yang berkemah dan mendaki ke Puncak Munara.

"Kalau dulu di sini sering untuk semedi, mencari tirakat biar utang-utangnya lunas atau biar bisnisnya enggak bangkrut," ujarnya kepada Bisnis, Sabtu (21/3/2015).

Di Puncak Munara, sambungnya, memang terdapat petilasan Sunan Kalijaga, goa tempat Presiden Soekarno bersemedi, hingga jejak tangan dan kaki si Kabayan. Namun, dia juga tidak mengerti sejarah adanya tokoh-tokoh besar di Puncak Munara tersebut.

Untuk mencapai Puncak Munara, rutenya mudah. Dari Jakarta Anda bisa melewati rute Ciputat hingga Parung. Tepat di Pasar Parung Bogor, terdapat jalur ke arah Kecamatan Rumpin hingga mencapai Puncak Munara.

Pengunjung juga hanya dikenakan Rp5.000 untuk masuk ke Puncak Munara. Parkir kendaraan juga tersedia dengan aman dan nyaman bagi para pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro