Food Truck/halocapitalgroup.com
Kuliner

Jajanan Unik ala Restoran Berjalan

Deandra Syarizka
Kamis, 19 Maret 2015 - 22:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Bukan hanya restoran bintang lima yang bisa menjajakan menu makanan unik bagi wisata kuliner. Kini, para pecinta kuliner bisa menikmati berbagai jajanan unik di “restoran berjalan” alias food truck. 

Menu yang ditawarkan pun tak kalah menarik dan mengundang selera, tanpa harus membuat kantung Anda menjadi bolong. Salah satu kelebihan jajanan food truck ini adalah sifatnya yang praktis dan mudah dibawa (handy). 

Meski demikian, Anda tak perlu khawatir dengan kebersihan dan kesehatannya karena meski disajikan secara cepat, semua hidangannya tetap dimasak langsung dari dapur kecil yang tersedia di dalam truk.

Salah satunya adalah mi ayam kecombrang. Bahan-bahan pembuatnya mirip dengan mi ayam pada umumnya, terdiri dari mi, potongan ayam, bakso, serta kuah kaldu. Bedanya, mi yang diproduksi oleh food truck Telap-Telep ini ditambahkan dengan bunga kecombrang, sehingga menambahkan rasa segar dan sedikit masam. Harganya cukup terjangkau, hanya Rp20 ribu.

Jika bosan dengan masakan Indonesia, Anda bisa mencoba menu lainnya. Food truck Kebab Wagen menyajikan jajanan khas timur tengah, perpaduan antara Turki dan Yunani. Cicipi saja food long, yang terdiri dari potongan daging ayam dengan aneka sayuran dan saus tzatziki, yaitu saus khas Yunani yang  biasanya terbuat dari susu kambing, dan dibungkus dengan tortilla yang lembut.

Rasanya sungguh memanjakan lidah. Ukurannya yang cukup besar  dijamin akan mengenyangkan perut Anda. Satu menu food long ini dijual seharga Rp80ribu. Namun jangan khawatir, jika Anda merasa tak sanggup menghabiskannya sendirian, makanan ini bisa dibagi menjadi dua atau langsung dibungkus dibawa pulang.

Pilhan lainnya yang patut dicoba adalah lamb kebab. Bahan-bahannya terdiri dari potongan daging kambing, dengan aneka sayuran seperti salada, tomat dan jalapeno (cabai khas Meksiko yang biasa digunakan dalam kebab), saus tzatziki dan dibungkus dengan tortilla yang lembut. Rasanya gurih, pedas dan mengenyangkan.

Ada pula alternatif lain, makanan unik perpaduan masakan Meksiko dan Jepang yang disediakan oleh food truck bernama Kai Pasifica. Salah satu menu unggulannya adalah baja fish taco. Isinya adalah daging ikan dory yang digoreng, ditambah dengan potongan buah nanas dan tomat yang dibungkus dengan tortilla yang lembut.

Rasa gurih dalam daging ikan dory yang lembut langsung terasa dalam gigitan pertama. Manis dan segarnya buah nanas pun menambahkan kelezatan tersendiri. Menu ini cocok untuk mengganjal perut yang lapar.

Menu unik lainnya juga tersedia, misalnya melted katsu burrito. Isinya potongan ayam katsu, dan keju mozzarella yang dibungkus dengan nori (rumput laut), nasi, dan tortilla. Rasanya gurih dan lebih mengenyangkan berkat nasi yang terdapat di dalamnya. Rentang harga menu yang dijual di food truck Kai Pasifica ini berkisar antara Rp30 ribu hingga Rp40 ribu.

Camilan

Jika hanya ingin camilan, Anda patut mencicipi corn dog, yakni sosis besar yang ditusuk dan dilapisi tepung jagung khusus. Rasa gurih daging sapi akan berpadu dengan manisnya tepung jagung, lebih lezat lagi bila ditambah dengan saus tomat, sambal dan mayonnaise. Sepotong corn dog dijual seharga Rp30ribu.

Bila sedang tidak terburu-buru, Anda bisa menyantap jajanan ala restoran berjalan ini di tempat, dengan suasana musik pop yang biasanya diputar oleh sang pemiliki food truck. Suasana festival pun langsung terasa.

Salah satu menu yang pas untuk disantap langsung di tempat adalah beef teriyaki yang dijual oleh food truck Food Stop. Anda tentu sudah familiar dengan hidangan yang satu ini. Menyantapnya perlahan bersama keluarga sambil mengabadikan gambar di depan pemandangan food truck yang unik dan berwarna-warni tentu mengasyikkan.

Sesuai namanya, restoran berjalan ini selalu berpindah tempat. Mereka umumnya bisa ditemui di pusat perbelanjaan di pusat kota atau di acara-acara besar di Jakarta Pusat atau Jakarta Selatan. Anda tertarik mencoba?

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro