Pemandu wisata/Guardian.com
Travel

Banyak Pemandu Wisata Tak Bersertifikat

Mohammad Sofi`i
Senin, 9 Maret 2015 - 16:33
Bagikan

Bisnis.com, BATU— Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu, Jawa Timur, menduga banyak pemandu wisata (guide) belum mengantongi belum bersertifikasi.

Anung Dwicahyo, Koordinator Pusat Informasi Pariwisata Disparta Kota Batu, mengatakan sebagian besar anggota komunitas guide yang berada di wilayahnya belum memiliki sertifikasi guide.

 “Dari 50 anggota yang tercatat hanya lima yang sudah mengantongi sertifikat,” kata Anung, Senin (9/3/2015).

Pihak Disparta Kota Batu dalam waktu dekat segera mengirim beberapa guide untuk mengikuti sertifikasi di Disparta Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang sedianya bakal digelar Mei-Juni mendatang.

Ilham Adilia, Ketua Batu Guide Community, mengatakan guide di Kota Batu sejauh ini belum cukup untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang datang ke Batu.

“Terutama di masa high season, terlebih masih minimnya guide bersertifikat,” katanya.

Pihaknya berharap program sertifikasi yang digagas Disparta bisa dilaksanakan. Sertifikasi bagi guide sangat penting dalam rangka memberi layanan terbaik kepada wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang datang ke Batu.

Tidak hanya itu, guide yang bersertifikasi secara otomatis juga teruji kualitasnya dalam hal kemambuan berbahasa Inggris, etika, sopan santun serta memahami tempat wisata di Kota Batu.

Keberadaan Kota Batu sebagai daerah tujuan wisata, dimana tiap tahun kunjungan wisatawan terus meningkat membutuhkan guide yang profesional.

Apalagi guide juga berperan besar dalam mengenalkan objek wisata di Batu terutama obyek wisata yang baru.

 “Guide tak hanya mempromosikan wisata saja, juga memudahkan wisatawan mengenal lebih banyak tempat wisata yang ada,” ujarnya.

Dimas, pemandu wisata yang juga anggota Masyarakat Pariwisata  Indonesia (MPI) Kota Batu, mengatakan rombongan pelajar dan mahasiswa banyak menggunakan jasa pemandu wisata saat berlibur ke Batu pada Natal dan Tahun Baru mendatang.

“Wisatawan yang datang bersama rombongan menggunakan jasa pemandu, karena tidak sedikit di antara mereka yang datang tidak menggunakan jasa biro perjalanan, sehingga membutuhkan pemandu untuk segala keperluan selama berlibur ke Batu,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mohammad Sofi`i
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro