Kue cubit/infojajan.com
Kuliner

Mencubit Kue Cubit di Cocobit Bandung

Nenden Sekar Arum
Selasa, 3 Maret 2015 - 09:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Kue cubit yang sedang naik daun, sekarang semakin mudah ditemui. Apalagi banyak pelaku usaha yang mulai menjajakan jajanan legendaris ini dengan berbagai cara.

Salah satu kedai yang menjadikan kue cubit sebagai menu utamanya adalah Cocobit Bandung. Kedai yang berada di Jl Progo, Bandung tersebut mulai menyajikan kue cubit pada pertengahan bulan lalu.

Pemilik Cocobit Bandung, Durrani Nadia, mengatakan ide untuk menyajikan kue cubit tersebut didorong tren kuliner yang tengah berkembang di kalangan anak muda Bandung.

“Akhir-akhir ini kue cubit ngetren lagi di Bandung, terus saya coba menangkap peluang itu dengan memodifikasi dan menyajikan rasa yang berbeda dari biasanya,” katanya.

Untuk mengawali bisnis ini, Durrani dan ketiga rekannya harus menggelontorkan modal sekitar Rp10 juta. Modal itu digunakan untuk sewa tempat, pembelian bahan baku, penyediaan peralatan memasakan, kemasan dan media promosi, serta gaji pegawai.

Saat pertama kali meluncurkan produknya, kue cubit Cocobit Bandung ludes dipesan pembeli. Sehingga, kedai yang buka mulai pukul 10.00 WIB harus tutup lebih awal karena bahan baku kue cubit telah habis.

Pilihan Rasa

Untuk mendapatkan seporsi kue cubit Cocobit, pembeli harus menyiapkan uang mulai dari Rp9.000. Harga tersebut akan bervariasi tergantung pilihan rasa dan topping yang diinginkan. Setiap tambahan topping akan dikenakan tambahan harga mulai dari Rp1.000.

Durrani mencontohkan, untuk satu porsi kue cubit rasa vanilla dengan topping biskuit Oreo, pembeli harus membayar Rp11.000. “Atau bisa bebas pilih topping apa saja dengan harga Rp20.000 per porsi,” imbuhnya.

Adapun, varian rasa kue cubit yang disajikan antara lain, rasa durian, vanilla, green tea, taro, bubble gum, tiramissu, dan black forest. Sedangkan pilihan topping terdiri atas keju, biskuit oreo, Kitkat greentea, kacang almond, milo, susu bubuk, crispy ball, marshmallow, nutella, dll.

Dari sekian banyak dan rasa, Durrani mengatakan yang menjadi incaran pembeli adalah kue cubit dengan taburan Orea, marshmallow dan Kitkat, serta 70% dari pembelinya memilih paket mix your toppingsehingga bisa mengkreasikan sendiri rasa dan topping favorit.

“Rata-rata kami menjual 50 porsi per hari, setiap porsinya berisi 11 buah kue cubit yang bisa divariasikan rasa dan topping-nya,” paparnya.

Saat ini, rata-rata omzet yang dikantongi Durrani dan kawan-kawannya sekitar Rp500.000—Rp700.000 per hari, dengan margin keuntungan sekitar 90%-100%.

Agar produknya makin dikenali orang, Durrani mempromosikan Cocobit melalui media sosial Instagram dengan akun @CocobitBandung, serta menggunakan brosur yang disebarkan ke masyarakat.

“Rencananya kami juga akan mengikuti event-event seperti bazar yang banyak diselenggarakan di Bandung, supaya produk semakin dikenal banyak orang,” katanya.

Varian Baru

Selain itu, secara berkala Cocobit juga akan menghadirkan varian rasa baru. Fungsinya, supaya para pelanggan tidak akan bosan untuk mencoba setiap rasa kue cubit yang ditawarkan.

“Kami tengah mematangkan konsep kue cubit asin, dan tambahan topping berupa vla,” imbuhnya.

Meski dagangannya hampir tiap haris selalu laris manis, bukan berarti bisnis yang dijalankannya itu tidak bebas kendala. Durrani mengaku selama ini masih kekurangan tenaga kerja, sehingga seringkali pelayanan keteteran karena banyak pembeli yang antre.

Ke depannya, dia ingin menambah jumlah pegawai dan meningkatkan kapasitas produksi yang selama ini masih terkendala pada urusan modal. Cocobit juga diproyeksikan untuk bisa melayani pembeli hingga malam hari, sehingga bisa jadi alternatif jajanan malam.

Durrani optimistis kuliner yang dijalaninya akan tetap berpeluang cerah. Asalkan, selalu ada inovasi dan mengikuti tren yang tengah berkembang di masyarakat.

“Sekarang masyarakat mudah penasaran dan selalu ingin mencoba hal-hal baru termasuk dalam urusan kuliner,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro