Asep Dadan M/bisnis
Travel

Golden Gate, Jembatan Megah Yang Menjadi Lokasi Favorit Bunuh Diri

Asep Dadan Muhanda
Jumat, 6 Februari 2015 - 15:35
Bagikan

Bisnis.com, PEKANBARU—Belum ke San Francisco kalau tidak singgah ke Jembatan Golden Gate. Ungkapan klasik di setiap kota tujuan wisata yang punya ikon daya tarik.

San Francisco memang terkenal dengan jembatan Golden Gate yang berwarna merah cerahnya. Meskipun banyak tujuan wisata di San Francisco, Golden Gate merupakan ikon yang wajib dikunjungi wisatawan. 

Untuk menuju jembatan ini dari pusat kota, bisa menggunakan beberapa cara, menggunakan bus umum, taksi, atau membawa kendaraan pribadi. Pada November 2014 lalu, saya mencoba menikmati kemegahan jembatan gantung ini. Saya sendiri memilih menggunakan bus tingkat dengan membayar paket wisata tur 2 jam yang banyak ditawarkan di pusat kota San Francisco. 

Kami tiba sampai di Jembatan Golden Gate menjelang matahari terbenam. Wisatawan sebenarnya bisa jalan kaki menyusuri pinggir jembatan gantung yang menghubungkan pusat kota dengan wilayah lain Semenanjung San Francisco di California. Namun, itu bisa dilakukan jika punya waktu banyak. Menggunakan bus wisata, pengunjung hanya diberikan waktu sekitar 20 menit. 

Bus akan parkir di ujung jembatan. Banyak wisatawan yang menikmati dan mengambil foto di bagian ini. Dari ujung jembatan, kita juga bisa melihat pulau kecil Alcatraz, yang sempat menjadi penjara paling ketat di dunia. 

Namun, cuaca di sekitar jembatan tidak menentu. Angin besar dan suhu yang dingin bisa berubah setiap saat. Terkadang, kabut juga menyelimuti teluk San Francisco, yang justru menambah kecantikan panorama jembatan gantung itu. 

Jembatan ini sejak lama menjadi kebanggan kota San Fransisco dan simbol kebesaran negara adidaya Amerika Serikat. Kemegahan dan kekuatan jembatan gantung berwarna merah cerah ini dinobatkan menjadi salah satu bangunan modern ‘wonder of the world’ oleh perkumpulan arsitek Amerika. 

Panjang jembatan keseluruhan 2.727 m, jarak antara menara adalah 1.280 m, dan ketinggiannya adalah 230 m di atas permukaan air. Selain terkenal karena kemegahannya, Jembatan Golden Gate juga populer karena menjadi lokasi tempat bunuh diri terbanyak di dunia. Jumlahnya tercatat mencapai 1.500 orang aksi bunuh diri di lokasi ini sepanjang sejarah. Di sisi jembatan, peringatan untuk tidak melompat dan menaiki pembatas jembatan bertebaran. 

Jembatan ini didesain oleh tiga arsitek ternama, Joseph Strauss, Irving Morrow dan Charles Ellis. Jembatan yang menghubungkan San Fransisco Peninsula dengan Marin Country ini mulai dibangun pada 5 Januari 1933. Pembangunan Golden Gate memakan waktu hingga empat tahun. 

Dibutuhkan dana senilai US$27 juta untuk membangun jembatan yang memiliki panjang 1.280 meter dan ketinggian 227 meter dari permukaan laut ini. Setelah pembangunan rampung pada 19 April 1937, Golden gate pun mulai dibuka untuk publik pada 27 Mei 1937. 

Hingga saat ini, jembatan Golden Gate menjadi salah satu jalur lalu lintas padat di Amerika. Kemegahan desain jembatan ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong. Bahkan sejumlah film kerap menggunakan jembatan ini sebagai latar dalam sejumlah adegan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro