Sultan Sepuh XIV Kasepuhan Cirebon Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat. /globalindo.co
Travel

CIREBON Tuan Rumah Festival Kraton 2017

Fatkhul Maskur
Rabu, 21 Januari 2015 - 11:20
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG - Sultan Sepuh XIV Kasepuhan Cirebon Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat mengatakan Cirebon akan menjadi tuan rumah Festival Keraton Nusantara yang akan digelar pada 2017.

"Hari ini kami lapor ke gubernur apa yang sudah dilaksanakan di Cirebon dan juga memohon pandangan serta masukan ke depannya apalagi di 2017 Cirebon jadi tuan rumah Festival Keraton Nusantara," kata Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat, di Gedung Sate Bandung, Rabu (21/1/2015).

Pada acara Festival Keraton Nusantara 2017 tersebut, kata dia, nantinya raja-raja se-nusantara akan berkumpul di wilayah Cirebon.

Dia mengatakan Keraton Kasepuhan Cirebon adalah bagian yang tidak terpisahkan dari budaya Jawa Barat, dan penerus Kerajaan Galuh Sunda Padjadjaran. Muara sejarahnya ada di Cirebon.

"Kemudian dalam pertemuan dengan Pak Gubernur Jabar tadi disampaikan tentang bagaimana pembangunan di Jabar khususnya bidang agama, kebudayaan pariwisata terus meningkat lebih baik lagi, dan Cirebon sebagai kota metropolitan," katanya.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan akan terus mendorong Keraton Kasepuhan Cirebon agar menjadi destinasi pariwisata sejarah andalan yang ada di Jawa Barat dan Indonesia.

"Tentu kita semenjak awal bersama pemerintah pusat terus berkomitmen melestarikan keraton ini," kata dia.

Menurut dia, salah satu komitmen untuk melestarikan keraton tersebut bisa dilakukan berbagai pembiayaan, seperti ada biaya operasional, pelestarian keraton, dan lain-lain.

Selain itu, perhatian khusus yang diberikan Pemprov Jawa Barat terhadap Keraton Kasepuhan Cirebon adalah pelestarian masjid dan SMK Kesenian yang ada di sana.

"Termasuk ke depan melestarikan masjid yang ada di sana, lebih terawat lagi, sekarang sudah baik, dipakai shalat dan shalat jumat. Di sana juga ada SMK Kesenian, juga kita lestarikan kita bina jadi sekolah maju," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro