Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua Kapal Pesiar Singgahi Tanjung Emas, Pelindo III Servis Habis

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Semarang mencatat sebanyak dua kapal pesiar atau cruise bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Selasa (20/1/2015). n
Kapal pesiar/cruiseandrail.net
Kapal pesiar/cruiseandrail.net

Bisnis.com, SEMARANG - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Semarang mencatat sebanyak dua kapal pesiar atau cruise bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Selasa (20/1/2015).

Dua kapal itu masing-masing yaitu MS Crystal Symphony berbendera Bahamas bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas pada Selasa pukul 07.00 WIB. Kapal yang memiliki panjang (LOA) 238 meter, berat 51.044 GRT bersandar di Dermaga Samudera 01 dibantu kapal tunda milik PT Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Emas Semarang. Adapun MS Crystal Symphony membawa 620 penumpang dan 570 kru.

Sementara itu, MS Silver Wind kapal yang juga berbendera Bahamas sandar di Dermaga Samudera 01 di waktu yang hampir bersamaan dengan MS Crystal Symphony. Kapal yang memilikipanjang (LOA) 155 meter, berat 17.235 GRT tersebut membawa 253 penumpang dan 223 kru.

“MS Crystal berlayar dari PelabuhanTanjung Perak Surabaya. Kapal itu akan melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta pada malam ini,” papar  General Manager Pelindo III Cabang Tanjung Emas Tri Suhardi, Selasa.

Menurutnya, sebagian besar wisatawan mengikuti paket dari biro agen perjalanan. Beberapa bus disiapkan pihak agen perjalanan, bus akan membawa wisatawan mengelilingi kota Semarang, Museum Kereta Api Ambarawa, Tlogo Agro dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tri menambahkan rencana MS Silver Wind akan menginap semalam di Pelabuhan Tanjung Emas, sebelumnya MS Silver Wind singgah di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan akan melanjutkan perjalanan ke Singapura.

Pihak manajemen Pelindo III Cabang Tanjung Emas memberikan keamanan bagi kapal yang bermalam di Pelabuhan Tanjung Emas, port security Pelindo III cabang Tanjung Emas, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan beserta Polsek Kawasan Pelabuhan telah melakukan koordinasi untuk memberikan pengamanan ekstra bagi para turis sekaligus kapal pesiar yang menginap di Pelabuhan.

Sementara itu fasilitas yang disiapkan manajemen yaitu terminal Penumpang Internasional yang dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, di antaranya ruang tunggu berAC yang dilengkapi dengan wifi, toilet, pijat refleksi, penjualan suvenir batik dan live music country.

“MS Crystal Symphony dan MS Silver Wind merupakan kapal ke pertama yang singgah di Pelabuhan Tanjung Emas di awal tahun 2015 ini”, ujarnya

Uniknya karena lokasi Dermaga dengan Terminal Penumpang yang cukup jauh, Pelindo III memberikan fasilitas berupa bus Semar Jawi untuk mengangkut turis mancanegara. Bus tersebut sengaja disewa pihak Pelindo demi meningkatkan pelayanan kepada turis mancanegara, khususnya turis yang sudah lansia.  

Pada tahun ini dijadwalkan akan ada 27 kapal pesiar yang akan sandar di Pelabuhan Tanjung Emas. Dengan meningkatnya kunjungan kapal pesiar di Pelabuhan Tanjung Emas, Tri Suhardi berharap di tahun – tahun mendatang Tanjung Emas semakin laris dikunjungi kapal pesiar.

Tak hanya itu, fasilitas yang ada di Terminal Penumpang akan menjadi prioritas dan lebih ditingkatkan bagi kenyamanan wisatawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khamdi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler