Catat, Ini 7 Acara Dunia yang Menjadi Destinasi Wisata

Bagi Anda yang hobi travelling dan masih bingung menentukan destinasi wisata di 2015 ini. Ada 7 agenda global yang bisa menjadi alternatif pilihan untuk dikunjungi.
Agnes Savithri | 10 Januari 2015 14:20 WIB
Kota ini diberi kehormatan sebagai pusat kota boneka terbesar di dunia. - france/voyage.com

Bisnis.com, JAKARTA—Bagi Anda yang hobi travelling dan masih bingung menentukan destinasi wisata di 2015 ini. Berikut 7 agenda global yang bisa menjadi alternatif pilihan untuk dikunjungi:

1. Lunar New Year (Macau, 19-21 Februari 2015)

Anda bisa menikmati Tahun Baru China di China Town, Macau. Dalam sejarahnya, Macau selalu menyajikan perayaan yang semarak dan penuh warna. Tidak lupa, Anda bisa juga mencicipi kuliner Portugis yang banyak ditemui disana. Salah satu acara Tahun Baru China terbesar di Macau akan digelar di A-Ma Temple. Acara ini diprediksi akan menarik banyak turis mancanegara.

2. Gnaoua World Music Festival (Moroko, 14-17 Mei 2015)

Festival musik Afrika biasanya sering diremehkan, namun tidak dalam gelaran festival ini.  Gnaoua World Music Festival menjadi salah satu festival musik dunia yang terbaik digelar di Essaoira, Moroko. Festival ini akan menghadirkan musik dari berbagai genre seperti jazz, pop, rock, hip-hop dan musik kontemporer dunia. Festival ini sudah ada sejak akhir 1990an dan mendatangkan pengisi acara dari seluruh Afrika.

3. Songkran Thai New Year (Thailand, 13-15 April)

Negeri gajah putih ini memiliki  perayaan khusus setiap tahunnya, yakni Songkran Festival. Tradisinya, para keluarga dan tema merayakan Songkran dengan mengunjungi kuil dan menuangkan air di kedua tangan patung Budha.

Ritual ini dipercaya akan memberikan berkat dan memulai tahun dengan keberuntungan. Tradisi ini terus berlanjut, dan masa sekarang masyarakat Thailand selain ke kuil juga melakukan perang air di jalanan di seluruh penjuru negara Thailand. Perayaan ini selalu menarik minat turis berbagai negara. Selain di Thailand, Songkran dirayakan juga di Myanmar, Kamboja dan Laos.

4. Expo Milan 2015 (Itali, 1 Mei – 31 Oktober 2015)

Gelaran pameran dunia yang akan digelar di Milan ini mengambil tema Feeding the Planet, Energy for Life. Dalam pameran ini akan Future Food District, dimana pengunjung dapat mencari tahu bagaimana makanan diproduksi, didistribusikan dan dikonsumsi di masa depan. Selain itu akan ada juga Arts and Foods Exhibition yang akan memperlihatkan berbagai jenis desain bungkus makanan hingga perlengkapan masak dari sisi estetika.

5. Singapore’s Golden Jubilee Celebrations (Singapura, 9 Agustus 2015)

Tahun ini Singapura akan merayakan hari kemerdekaannya yang ke 50 tahun. Sepanjang tahun, Anda akan menemukan acara-acara menarik yang digelar negara ini, namun puncaknya akan dilaksanakan pada 9 Agustus bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Singapura. Pada tanggal itu akan digelar pertunjukkan, parade dan pesta kembang api.

6. Hiroshima/Nagasaki Memorial (Jepang, 6 & 9 Agustus 2015)

Jika Anda ingin berkunjung ke Jepang dalam suasana yang berbeda. Mungkin acara ini bisa menjadi pilihan. Setiap tanggal ini, Jepang akan mengadakan acara untuk mengingat kembali kejadian saat Perang Dunia II dulu. Tahun ini akan menjadi peringatan ke 70 tahun, Amerika membom Nagasaki dan Hiroshima yang menelan banyak korban.

7. World Puppet Festival (Prancis, 18-27 September)

Gelaran boneka terbesar di dunia ini akan dilaksanakan di Charleville, Prancis. Kota ini diberi kehormatan sebagai pusat kota boneka terbesar di dunia. Di kota ini pula terdapat salah satu sekolah pembuatan boneka terbaik di dunia. Dalam ajang tahunan ini, lebih dari 150 pemain yang berasal dari penjuru dunia akan berkumpul dalam festival ini. Boneka yang dimaksud dalam gelaran ini adalah boneka yang bisa digerakan, di Indonesia contohnya seperti wayang golek.

Sumber : CNN.com

Tag : travel
Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top