Bumbunya meresap. /Bisnis.com
Kuliner

Hidangan Rumahan Berkonsep Semi Fine Dining

Deandra Syarizka
Minggu, 4 Januari 2015 - 19:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mengubah cara menyajikan hidangan tradisional yang biasanya sederhana atau cenderung apa adanya, menjadi gaya jamuan makanan resmi atau fine dining atau setengah resmi, merupakan konsep yang diusung oleh Titi Raharjo, pemilik Tempayan Dining yang sebelumnya bernama Kantin Sindoro yang berdiri sejak 1958, di Kemang Jakarta.

Di tempat ini, Anda menemukan beragam menu makanan rumahan seperti bakwan jagung, sate ayam Sindoro, soto Betawi yang diolah dengan resep tradisional, tetapi disajikan dengan tampilan bintang lima.

Penganan seperti bakwan jagung yang berbahan dasar terigu, bulir jagung, sayuran yang diiris tipis, dan bumbu yang diaduk menjadi adonan dan kemudian digoreng ini, disajikan sebagai menu pembuka.

Di tempat ini, bakwan jagung disajikan di atas piring datar lengkap dengan hiasan, dan sambal pedas gurih. Menu utama yang menjadi unggulan di sini adalah menu soto Betawi.

Cara penyajian menu ini sangat menarik karena makanan disajikan dalam kuali yang diletakkan di atas tungku kecil dengan lilin sebagai pemanasnya.

Meskipun tampilannya berbeda, tetapi rasa hidangan tidak kalah lezat. Paduan rasa gurih, manis, dan bumbu khas soto Betawi akan menggoyang lidah Anda.

Sajian soto ini ditambah dengan emping melinjo, potongan tomat, dan perasan jeruk nipis yang menyegarkan. Menu unggulan lainnya adalah sate ayam Sindoro.

Cara penyajian sate ayam ini mirip dengan soto Betawi. Lima tusuk daging ayam yang disajikan telah diproses dengan direndam selama sehari semalam dengan bergam bumbu seperti kecap manis dan ketumbar. Hasilnya, bumbu sate meresap hingga ke dalam daging.

Menu utama yang dapat dijadikan pilihan adalah nasi goreng Yang Chow. Menu ini dimasak dengan margarin, dengan tambahan udang, potongan daging asap, sayuran berupa wortel dan kacang polong.

Menyantap hidangan semi fine dining tidak akan lengkap tanpa minuman dan hidangan penutup. Untuk minuman, strawberry vanilla iced tea dapat dijadikan pilihan. Manisnya es teh yang dilengkapi dengan sirup strawberry dan vanilla, akan mengembalikan kesegaran Anda.

Sementara itu, untuk hidangan penutup, Anda dapat menikmati serabi kinca. Menu ini adalah adaptasi dari serabi Bandung dan serabi Semarang karena diberikan tambahan saus kinca yang terbuat dari gula merah.

Bentuknya yang mungil dan cantik serta rasanya yang manis dapat menjadi pelengkap kuliner Anda. Jika tertarik menyantap menu-menu tersebut, Anda tak perlu menguras kantong terlalu dalam. Cukup siapkan anggaran mulai dari Rp28.000 hingga Rp185.000, tergantung pilihan menu yang Anda pesan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bisnis Indonesia Weekend (4/1/2015)
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro