Ilustrasi/Bisnis.com
Travel

WISATA WAKATOBI: Inilah Rincian Ongkos, Alternatif Transportasi & Paket Wisata

Surya Mahendra Saputra
Sabtu, 27 Desember 2014 - 15:54
Bagikan

Bisnis.com, BAUBAU - Anda sedang merencanakan liburan? Kepulauan Wakatobi Sulawesi Tenggara patut masuk daftar destinasi favorit jika Anda tergolong pecandu wisata bahari.

Kepulauan wakatobi terdiri dari 141 pulau eksotis, dengan empat pulau utama yakni Wangi Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko.

Selama ini, Wakatobi memang lebih akrab dengan penyelam dari mancanegara karena kemolekan terumbu karang dan biota lautnya.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan promosi, turis lokal pun kini mulai ramai bertandang ke jantung segitiga terumbu karang dunia tersebut.

Wakatobi tak hanya menyuguhkan wisata bahari, kearifan budaya dan ragam kulinernya juga sangat menggiurkan.

Tertarik berkunjung? Berikut ini alternatif transportasi, ongkos, dan paket wisata yang bisa anda tentukan sendiri.

Untuk menggapai Wakatobi, Anda bisa menggunakan berbagai moda transportasi. Jika ingin cepat karena waktu liburan yang terbatas, sejumlah maskapai penerbangan telah menyediakan perjalanan udara dengan rute menuju Makassar atau Kendari, kemudian lanjut menggunakan pesawat perintis menuju Wangi Wangi.

Anda juga dapat menggunakan alternatif transportasi laut dengan kapal cepat dari Makassar atau Kendari menuju Wangi Wangi. Anda dapat menghemat anggaran, namun dengan waktu tempuh 7 jam lebih lama ketimbang menggunakan pesawat perintis.

Namun, jika tak banyak anggaran yang disiapkan, anda bisa memanfaatkan jasa angkutan laut yang menghabiskan waktu 3 hari 3 malam sampai bersandar di Pelabuhan Baubau atau Kendari, kemudian melanjutkan perjalanan menuju Wangi Wangi dengan kapal kayu atau speedboat.

Untuk ongkos transportasi, Anda perlu menyiapkan anggaran terendah dengan moda transportasi laut berkisar Rp850.000-Rp1,7 juta tergantung tipe dan kelas angkutan yang dipilih. Adapun, biaya transportasi dengan pesawat maupun pindah moda berkisar Rp2,5 juta-Rp3,5 juta.

Sesampainya di Wangi Wangi, Anda perlu menghubungi jasa sewa kapal dan peralatan aktivitas laut seperti snorkeling, diving, serta free dive yakni olahraga pernapasan di laut yang kini tengah digandrungi.

Repot? Tenang. Ada alternatif yang patut dicoba. PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) menyediakan promo paket wisata bahari yang menjamin kemudahan bagi pelancong dengan tarif yang kompetitif.

Paket liburan 5 hari 4 malam itu meliputi fasilitas penginapan di Baubau, angkutan dan akomodasi di kapal, serta perlengkapan snorkeling dan diving di Pulau Hoga, Tomia, dan Wangi Wangi.

Tarif yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari paket premium Rp2,85 juta sampai termurah Rp1,57 juta.

Jadi, tunggu apa lagi? Dengan alternatif transportasi dan struktur tarif yang beragam, anda dapat segera merencanakan perjalanan ke Wakatobi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro