Ilustrasi/Parentdish
Travel

6 Tips Jalan-jalan Untuk Ibu Hamil

Nenden Sekar Arum
Sabtu, 20 Desember 2014 - 11:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Menjadi calon ibu dan jalan-jalan bisa jadi dua hal yang paling membahagiakan bagi seorang perempuan. Apalagi, jika hal itu bisa dilakukan secara bersamaan.

Saat ini, kehamilan tidak lagi menjadi kendala untuk melakukan sebuah perjalanan, asalkan Anda tahu bagaimana tips agar bisa bersenang-senang sambil tetap menjaga kondisi kandungan.

Berikut ini beberapa tips dari Lonely Planet yang bisa dicoba agar Anda dan si jabang bayi bisa tetap bahagia saat berjalan-jalan.

1. Formalitas

- Cek Kesehatan: Cek kondisi kesehatan Anda dan kandungan kepada dokter atau bidan yang suportif terhadap kegemaran Anda berjalan-jalan, sehingga mereka bisa merekomendasikan beberapa obat-obatan atau vitamin yang bisa menjaga kesehatan Anda sepanjang perjalanan.

- Asuransi: Hubungi agen asuransi perjalanan sebelum Anda berangkat, sebagian besar polis akan menangani jika Anda tidak memiliki masalah dalam kehamilan, cukup bawa catatan kesehatan Anda dan pastikan asuransi akan meng-cover Anda.

- Penerbangan: Beberapa penerbangan melarang perempuan hamil yang memasuki usia kandungan triwulan ketiga, untuk itu cek persyaratan penerbangan terlebih dahulu, dan siapkan surat kandungan dari dokter atau bidan yang mengonfirmasi usia dan kesehatan kandungan.

2. Pencegahan Malaria dan Demam Berdarah

Beberapa praktisi kesehatan menyarankan agar perempuan hamil tidak melakukan perjalanan ke daerah yang rawan malaria, karena kehamilan mengurangi daya tahan tubuh terhadap penyakit tersebut.

Jika Anda tetap harus berangkat, mintalah obat antimalaria dan demam berdarah dengan dosis yang cocok bagi ibu hamil. Selain itu, lindungi tubuh Anda dengan menggunakan pakaian panjang, sepatu yang tetutup, memilih makan di dalam ruangan, dan tidur di tempat ber-AC.

3. Makanan dan Minuman

Ada beberapa makanan dan minuman yang dilarang bagi ibu hamil di beberapa tempat, untuk itu persiapkan diri Anda untuk tidak dapat menikmati makanan tersebut.

Selain itu, minimalisir risiko keracunaan makanan dengan mengisi minuman, makanan, dan salad dari tempat yang terpercaya, juga selalu membawa makanan kecil seperti sereal, buah kering, atau pisang untuk mengganjal perut Anda.

4. Aktivitas

Memiliki calon bayi di perut Anda seharusnya tidak menjadi penghalan untuk menjalani aktivitas yang selama ini Anda sukai, seperti berenang, snorkelling, hiking, dan bersepeda, yang terpenting pastikan Anda mampu melakukan hal tersebut dan jangan memaksa tubuh Anda. Selain itu, konsultasikan dengan dokter atau bidan terkait rencana aktivitas Anda.

5. Pakaian

Menggunakan pakaian yang nyaman akan membantu Anda menikmati perjalanan, untuk itu, sebelum memulai liburan persiapkan beberapa pasang pakaian khusus untuk ibu hamil. Untuk pakaian renang, tankinis atau baju renang one-piece bisa menjadi alternatif pengganti bikini.

6. Isu Kebudayaan

Ketika Anda hamil, persiapkan diri Anda untuk menerima banyak sentuhan di perut dari banyak orang, termasuk orang asing, terutama di kawasan Mediterania dan kebudayaan Latin. Meskipun akan ada beberapa penolakan dari perjalanan Anda, di sisi lain Anda akan menerima perhatian dan kebaikan yang tidak Anda duga sebelumnya. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

David Schwimmer Perankan Ayah Kim Kardashian dalam Film Seri Terbaru

Hindari Bekerja di Akhir Pekan dengan 5 Cara Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Lonelyplanet.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro