Jalan lingkar Kota Sabang, Aceh/Antara
Travel

Pariwisata Aceh, Infrastruktur Penunjang Sejumlah Destinasi Terus Dibenahi

News Editor
Kamis, 18 Desember 2014 - 16:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Aceh fokus membangun dan meningkatkan infrastruktur penunjang pariwisata pada 2015 guna menarik lebih banyak kunjungan wisatawan.

"Program 2015, kita masih fokus membangun infrastruktur pariwisata seperti di Kota Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Tengah dan beberapa daerah lain," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Reza Pahlevi di Banda Aceh, Kamis (18/12).

Daerah-daerah tersebut, menurut Reza, sektor pariwisatanya sudah mulai membaik, tetapi perlu ditingkatkan sehingga wisatawan baik nusantara maupun mancanegara lebih nyaman berlibur ke wilayah tersebut.

Dia juga menyatakan optimistis pertumbuhan sektor pariwisata Aceh untuk beberapa tahun mendatang akan terus membaik, menyusul kondusifnya situasi keamanan di provinsi yang menjalankan undang undang Syariat Islam itu.

Kendati demikian, dia menjelaskan, Pemerintah Aceh tetap memberikan perhatian lebih pengembangan pariwisata terhadap tiga daerah yakni Kota Sabang, Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Tengah.

"Ketiga daerah ini sudah dijadikan sebagai tujuan wisata Aceh. Namun, kami tidak juga menampik kabupaten dan kota lain yang memang berpotensi, misalnya Aceh Singkil yang dikenal dengan keindahan alamnya," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh ini.

Kendati demikian, Reza menjelaskan, maju atau tidaknya sektor pariwisata di daerah itu juga sangat tergantung dari semangat bupati atau wali kota masing-masing wilayah. Pemerintah provinsi hanya bisa mendorong, selain juga dukungan dana untuk infrastruktur.

Namun, dia menjelaskan, masing-masing daerah memiliki segmen pariwisata tersendiri, misalnya untuk wilayah pesisir utara dan timur Aceh mungkin lebih memperkenalkan potensi sejarah. Sementara untuk Sabang, mengandalkan panorama alam laut, dan Banda Aceh situs tsunami.

Di pihak lain, Reza menjelaskan, momentum renungan 10 tahun tsunami diharapkan dapat memicu arus kunjungan wisatawan ke Aceh. "Kita berharap, 10 tahun tsunami menjadi 'pintu gerbang' untuk kebangkitan sektor jasa pariwisata Aceh," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro