Upacara adat Tana Toraja/Antara
Travel

LOVELY DECEMBER, Ini Cara Tana Toraja Dongkrak Kunjungan Wisatawan

News Editor
Rabu, 17 Desember 2014 - 20:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Program "Lovely December" di Tana Toraja, Sulawesi Selatan ditargetkan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara sekaligus memobilisasi wisatawan domestik pada penghujung 2014.

"Kami mendukung acara Lovely December 2014 untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisdom maupun wisman di penghujung 2014," kata Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kementerian Pariwisata Tazbir di Jakarta, Rabu (17/12).

Dia juga akan lebih memperkenalkan branding Wonderful Indonesia serta Pesona Indonesia kepada masyarakat luas dalam program Lovely December yang mempromosikan wisata Toraja khususnya dan Sulawesi Selatan pada umumnya.

Lovely December digelar puncaknya pada 27 Desember 2014 di Plaza Kolam Makale, Tana Toraja, dengan menampilkan karnaval budaya Toraja yang diawali dengan Fashion On The Street.

Sebelumnya, pada 26 Desember 2014 digelar festival dangdut dan jazz konser dari Korea Selatan serta dimeriahkan dengan pelepasan 70 lampion sebagai tanda Lovely December ke-7 dan diakhiri dengan pesta jembatan api.

Tazbir menyatakan Tana Toraja merupakan salah satu tempat konservasi peradaban budaya Proto Melayu Austronesia yang masih terawat hingga kini, sehingga pemerintah Indonesia mengajukan kawasan wisata di Sulawesi Selatan ini ke UNESCO untuk menjadi situs warisan dunia sejak 2009.

"Keeksotisan Tana Toraja ini telah banyak mengundang wisatawan untuk berkunjung ke tempat yang terkenal dengan pemakaman Rambu Solo dan upacara mayat berjalan Ma-Nene yang berlangsung tiga tahun sekali ini," katanya.

Masyarakat Tana Toraja percaya adat istiadat harus selalu dipelihara, karena jika tidak maka dapat mempersulit kehidupan mereka yang telah dibangun sejak zaman nenek moyang.

Meski memiliki kelimpahan sumber daya alam seperti kopi, masyarakat Tana Toraja juga menjalani hidup dalam kesederhanaan, karena mereka meyakini hidup adalah untuk mempersiapkan kematian.

Hingga 2013, Dinas Pariwisata Kabupaten Tana Toraja mencatat jumlah kunjungan wisman ke wilayah itu melonjak 30 persen menjadi sebanyak 19.324 orang dibanding 2012.

Bahkan kunjungan wisatawan domestik pada 2013 meningkat tajam lebih dari 100 persen yaitu sebanyak 42.319 orang dibandingkan 2012.

Lovely December merupakan agenda pariwisata di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke wilayaah itu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan H Jufri Rahman mengatakan tahun ini pementasan seni menggunakan media bambu menjadi pilihan.

"Bambu, begitu melekat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Toraja. Kreativitas masyarakat Toraja dalam pemanfaatan bambu tidak terbatas untuk hal-hal tertentu," katanya.

Bambu juga digunakan untuk atap Tongkonan dan Alang (lumbung), digunakan untuk membuat suke dan digunakan sebagai wadah untuk minuman atau wadah untuk memasak makanan tradisional pa'piong, dibuat menjadi alat musik dan juga sebagai bahan utama pembuatan lantang (pondokan) pada saat upacara adat rambu solo' dan rambu tuka'.

Selain itu bambu dimanfaatkan dalam kegiatan sehari-hari masyarakat Toraja sehingga tidak mengherankan jika bambu diangkat menjadi tema Lovely December 2014 yaitu I Love Bamboo.

Untuk meramaikan acara Lovely Desember dihadiri oleh 13 Duta Besar, dengan target pengunjung 6.000 orang baik dari wisman maupun wisdom.

Sebanyak 13 dubes itu antara di Makale, Tana Toraja, 27 Desember antara lain, Laos, Belanda, Australia, Swiss, Afrika Selatan, Kroasia, Argentina, Solomon, Kazastan, dan Yordania.

"Kami berharap penyelenggaraan Lovely December, dapat maksimal dalam mempromosikan budaya Sulsel sehingga dapat memicu untuk meningkatkan pengunjung wisatawan mancanegara pada khususnya bisa mengagendakan untuk hadir melihat langsung pesta kebudayaan yang digelar setiap tahunnya," kata Jufri.

Ketua ASITA Sulsel Didi Leonardo Manaba mengatakan industri pariwisata mendukung kesiapan penyelenggaraan Lovely December.

"Selain mengunjungi objek wisata Toraja, kami juga memperkenalkan beberapa obyek wisata lainnya yang ada di Sulawesi Selatan," kata Didi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro