Keindahan Alor di NTT/alor^divers.com
Travel

NTT Punya Potensi Pariwisata yang Menggiurkan

Marta Fitria
Rabu, 17 Desember 2014 - 09:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Salah satu provinsi yang terletak di paling selatan Indonesia, yaitu Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki banyak potensi pariwisata yang menggiurkan dan kini semakin mendunia.

Provinsi yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste dan Australia ini merupakan provinsi kepulauan yang terdiri dari 1.192 pulau besar dan kecil, pulau bernama sebanyak 473 buah, dan pulau berpenghuni sebanyak 43 buah.

NTT memiliki luas wilayah daratan 47.349 km2, luas lautan 200 km2 atau sekitar 4 kali luas daratan, panjang pantai 5.700 km2 yang terdiri dari 22 kabupaten/kota dan jumlah penduduk 5,3 juta jiwa.

Provinsi ini memiliki banyak potensi pariwisata, baik yang sudah dikenal luas atau belum. Salah satu ikon utama yang membuat kawasan NTT terkenal adalah hewan komodo yang berada di Taman Nasional Komodo.

Padahal, ada banyak lagi daya tarik yang dimiliki NTT, seperti Danau Tiga Warna Kelimutu, budaya Pasola di Sumba, budaya penangkapan ikan paus secara tradisional di Lembata, Megalitik di Sumba, perkampungan adat di Waerebo, Bena, Suku Boti dan di Sumba, Pariwisata Religi Samana Santa di Larantuka, teluk Maumere, gelombang laut yang menarik untuk peselancar di Nemberala Rote, dan Alor yang memiliki taman laut indah, Alquran tertua di Asia, serta desa-desa adat yang masih lestari.

Saat ini sudah semakin banyak wisatawan yang datang berwisata ke NTT, terutama kunjungan dari wisatawan mancanegara. Peningkatan pesat dari 48.608 orang pada tahun 2012 meningkat menjadi 80.810 orang di tahun 2013. Diprediksi tahun 2014 akan meningkat hingga mencapai 100.000 orang.

"Setelah komodo dipromosikan, semakin banyak orang yang datang ke Labuan Bajo. Begitu pula dengan Alor yang punya taman laut indah. Selain itu, saat ini juga sudah lebih mudah untuk datang ke NTT karena banyak transportasi, hotel, dan fasilitas lain yang membuat nyaman," kata Frans Lebu Raya, Gubernur NTT yang ditemui dalam acara peluncuran buku "Alor Underwater" di Kementerian Pariwisata RI, Jakarta Pusat, Senin (15/12/2014).

Potensi pariwisata bahari di NTT sangat menjanjikan, baik untuk diving, surfing, snorkeling, fishing, dan lainnya karena lautnya yang luas. NTT memiliki laut yang bening, banyak terumbu karang, dan keanekaragaman biota laut yang unik. Salah satunya adalah dunia bawah laut yang ada di Alor. Alor merupakan salah satu taman laut terindah di dunia.

"Alor sangat menakjubkan alam bawah lautnya. Airnya bersih, banyak koral warna warni yang begitu padat, dan banyak binatang-binatang kecil yang mudah ditemukan. Pokoknya, Alor komplet banget dan bikin kangen ingin balik lagi. Luar biasa dan cantik. Penduduknya juga ramah-tamah," ujar Ria Qorina Lubis, salah satu fotografer yang foto-fotonya ditampilkan dalam buku "Alor Underwater".

Menyadari besarnya potensi pariwisata di NTT, gubernur NTT mencanangkan program "provinsi pariwisata". Di dalam RPJMD 2014-2018, dicanangkan keinginan untuk mewujudkan NTT menjadi provinsi pariwisata di tahun 2018.

Untuk itu, pemerintah melakukan berbagai upaya penataan destinasi serta promosi keindahan dan keunikan objek wisata di NTT. Hal ini akan terus dilakukan agar destinasi pariwisata semakin dikenal di luar provinsi maupun mancanegara dan semakin banyak wisatawan yang datang.

Gubernur NTT juga berpesan agar seluruh masyarakat bersama-sama menjaga potensi wisata ini dengan melakukan pelestarian, tidak merusak alam, dan melakukan konservasi alam. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

Tory Burch Perkenalkan Koleksi Valentine 2015

Baju yang Dipakai Pangeran George Diburu Pembeli

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Marta Fitria
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro