Ilustrasi-Festival Jajanan Bango/Jibiphoto
Kuliner

Bango Bumbu Bacem, Cara Praktis Sajikan Menu Bacem di Rumah

Reni Efita
Jumat, 12 Desember 2014 - 09:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Setelah melakukan persiapan selama kurang lebih 1,5 tahun, Kecap Bango produksi PT Unilever Indonesia Tbk meluncurkan Bango Bumbu Bacem untuk memudahkan para pencinta kuliner menikmati menu bacem di rumah.

Berdasarkan hasil penelitian dari Unilever, kata Senior Brand Manager Bango PT Unilever Indonesia Tbk Nuning Wahyuningsih, orang hanya memasak bacem pada waktu tertentu saja, misalnya saat pesta dengan menyajikan tumpeng atau saat Lebaran, karena proses pembuatannya yang agak lama.

Pihaknya berupaya untuk memudahkan proses pembuatannya dengan meluncurkan Bango Bumbu Bacem. Terdapat dua pilihan varian yaitu Bumbu Ayam Goreng Bacem serta Bumbu Tempe dan Tahu Bacem.

Masakan Bacem, katanya, awalnya dikenal di Jawa. Padahal menu ini dapat dinikmati oleh semua orang. Kehadiran Bango dengan varian baru itu dapat mempermudah ibu untuk memasak Bacem.

"Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan kami untuk melestarikan warisan kuliner Nusantara, kami ingin mengangkat dan semakin mempopulerkan hidangan Bacem karena kami melihat bahwa hidangan ini adalah salah satu jenis kuliner khas Indonesia yang sangat unik dan istimewa," kata Nuning, Kamis (11/12/2014).

Sementara itu, Sisca Soewitomo, seorang pesohor boga mengatakan hidangan Bacem tidak terlalu sering dijumpai dalam menu sehari-hari di rumah, karena teknik meracik dan mengolahnya yang cukup menantang.

Membuat Bacem, kata Sisca, memerlukan perhatian dan keuletan khusus karena kelezatannya tergantung pada takaran bumbu yang pas serta teknik pengolahan yang tepat.

Ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan mulai dari memilih dan menakar bumbu, proses menyangrai ketumbar, mengulek bumbu halus, mengungkep bahan dan bumbu dalam waktu kurun waktu yang cukup, hingga proses menggoreng sehingga tahu, tempe, atau bahan makanan lainnya matang sempurna dan berwarna cantik. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

6 Fakta Unik Ciuman Patut Anda Ketahui

Avril Lavigne Sembunyikan Penyakit yang Dideritanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro